Tuesday, May 29, 2012

Asyiknya Nge-blog (Banyak Manfaatnya)

Asyiknya Nge-blog (Banyak Manfaatnya)

Thinkin' about the code by: Ed Yourdon


Tidak seperti dulu kala, sebelum tahun 2000-an, internet merupakan barang/sesuatu yang masih langka di Indonesia. Di Indonesia belum banyak orang yang mengerti internet di masa itu, alat komunikasi yang bernama email merupakan suatu alat yang canggih untuk melakukan komunikasi waktu itu. Bayangkan saja, biasanya orang kirim surat-menyurat dengan menggunakan jasa pos yang membutuhkan waktu agak lama dalam pengirimannya, bisa satu hari, seminggu, bahkan mungkin sebulan tergantung dari jauh dekatnya tujuan penyuratan. Namun berbeda dengan email, orang dapat berkomunikasi atau mengirim surat kepada kerabatnya dimanapun dan sejauh apapun hanya dengan hitungan detik paling lama menit. Ya, internet merupakan teknologi informasi yang sangat membantu kehidupan manusia, segalanya mudah apabila ada internet.

Sekarang, khususnya di Indonesia, orang-orang telah sangat mengenal apa itu internet. Dengan internet orang bisa mencari teman lewat situs jejaring sosial seperti Google +, Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya. Selain itu, ada yang namanya blog. Dengan blog Anda dapat mempromosikan bisnis konvensional Anda melalui dunia maya alias internet, mempromosikan diri Anda sendiri dengan menulis apa yang menjadi kelebihan Anda, melatih tulisan Anda agar semakin baik dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Sebenarnya banyak sekali fasilitas yang ada di internet yang dapat membantu kehidupan kita semakin mudah. Namun pada postingan ini, saya akan membahas mengenai blog – bagaimana asyiknya ngeblog.

Sebelumnya, mari kita pahami dulu definisi blog yang diambil dari wikipedia: “Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut”. Baca lebih lengkap di wikipedia.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui blog, tulisan Anda dapat diakses/dibaca oleh banyak orang. Namun, tentunya tulisan Anda haruslah menarik, jika tulisan Anda menarik, dijamin banyak orang yang akan berkunjung ke blog Anda sehingga Anda dapat mendapatkan keuntungan dari hal tersebut yakni dapat menambah teman, memperluas bisnis Anda, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana caranya agar tulisan kita bisa menarik? Menurut saya sih simpel saja, dengan terus-menerus menulis apa yang Anda sukai. Jika Anda menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan travelling, maka tulislah apa pun itu mengenai travelling. Atau jika menyukai apa pun tentang musik, maka tulislah hal-hal yang berhubungan dengan musik, atau hal lainnya. Dan yang paling penting adalah jangan takut salah, karena menulis di blog bukanlah menulis jawaban esai dari soal pertanyaan di sekolah.

Tidak perlu khawatir dengan isi/konten yang Anda tulis, jika ada yang menghina tulisan Anda, biarkanlah dan tidak perlu dirisaukan, yang terpenting adalah Anda menulis dengan jujur. Maksud jujur disini adalah dengan tidak mencontek tulisan orang lain tanpa izin (tidak meng-copy paste), melainkan selalu memberikan tulisan yang berasal dari pikiran Anda sendiri, selalu mencantumkan sumber tulisan jika memang ada referensi yang menjadi acuan dalam tulisan Anda, dan tidak menulis hal-hal yang berbau dengan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan) yang dapat menimbulkan konflik sosial.

Segala sesuatu yang sering dilatih akan menjadi bagus nantinya, begitu pun dengan tulisan Anda. Jika sering menulis sesuatu yang baru dari pemikiran Anda, lama-kelamaan tulisan Anda akan semakin baik sehingga yang tadinya banyak yang menghina tulisan blog Anda menjadi banyak yang menyukainya. Jikalau rezeki Anda bagus, dengan menulis blog Anda pun dapat menjadi orang terkenal seperti yang terjadi kepada Raditya Dika. Raditya Dika adalah blogger (blogger = orang yang suka menulis pada blog), setahu saya Dika suka menulis pengalaman pribadinya yang kocak diblog. Kemudian ada orang dari percetakan buku yang menyukai tulisannya dan menjadikannya buku sehingga Dika bisa menjadi seperti sekarang, salah satu bukunya yang terkenal adalah Kambing Jantan.

Oh ya, keuntungan lainnya lagi adalah bahwa banyak blog gratisan yang bisa Anda gunakan diantaranya seperti yang saya pakai ini blogspot yang dimiliki oleh google, ada thumblr, wordpress, dan masih banyak lagi blog gratisan lainnya yang bisa Anda gunakan. Ok, akhir kata, jangan takut menulis di blog.
Share This

2 comments:

  1. Hadir juga di sini Mas!

    Menarik,dan saya merasakan betul,setelah banyak latihan menulis,ya sedikit banyak,setidak-tidaknya menurut saya pribadi,tulisan saya semakin baik.

    Saya GR sendiri jaidnya haha...!

    Terima kasih Mas Rudi,Salam blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas, iya kan klo sering latihan pasti jd tambah bagus mas.
      Terus menulis mas :)

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates