Sunday, July 24, 2011

Backpacker Tips

Backpacker Tips

Bagi orang-orang yang baru memulai untuk menjadi seorang backpacker. Berikut beberapa tips yang dapat membantu untuk ber-travelling dengan cara backpacker.

Farewell backpacker
Yang pertama adalah tentukan tujuan destinasi kamu, hal ini bisa dilakukan dengan cara browsing internet, referensi teman, atau lainnya. Setelah menentukan tujuan destinasi, kemudian cari informasi mengenai destinasi tersebut selengkap mungkin, seperti alat transportasi yang tersedia, akomodasi (penginapan), kebudayaan masyarakat lokal, bahasa, cuaca, dll.
Kalkulasikan biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi, akomodasi, makan, biaya-biaya untuk masuk ke berbagai objek wisata, serta biaya untuk melakukan aktivitas wisata semisal snorkeling, dan biaya lainnya.

Buat itenerary (jadwal) perjalanan sendiri, tapi kalau ingin lebih menantang, tidak usah buat itenerary, perjalanan ditentukan sesuai angin berhembus. Bawa perlengkapan seringkas dan seringan mungkin. Bawa sarung atau kain lebar (seperti kain bali), karena bermanfaat sebagai alat ibadah, sebagai alas saat kita piknik, sebagai selimut, penutup bantal apabila bantal di sebuah penginapan kotor. 

Jurnal atau peta daerah yang kamu datangi, kartu identitas (pisahin ke tempat yang aman), obat-obatan pribadi, kamera untuk mengabadikan momen indah. Kartu permainan (kartu remi misalnya), kartu dapat memudahkan kita untuk mendapatkan teman baru, serta pengusir jenuh apabila kita tidur di hostel atau penginapan yang tidak memiliki tv di kamarnya.

Bawa tisu toilet, bukan hanya untuk pergi ke toilet, tapi berguna juga untuk lap alat makan, lap keringat, dll. Kenapa harus tisu toilet? Karena murah dan banyak. Bawa deterjen untuk mencucuci pakaian kamu kedalam botol plastik agar mudah dibawa dan tidak tercecer dalam ransel kita. Pergi ke TIC (Tourist Information Centre) untuk mendapatkan informasi kepariwisataan di daerah yang kamu kunjungi, atau klo ada pergi ke perpustakaan yang menyediakan internet gratis.

Untuk para backpacker perempuan, sangat sulit untuk menjaga wangi tubuh dikala menjadi backpacker. Ketika ingin pergi ke acara yang menarik tapi agak formal dimalam hari, pergilah ke toko swalayan yang ada parfumnya, pura-pura mencoba untuk membeli, semprotkanlah beberapa sampel ke tubuh kamu.

Selalu berbicara dengan semua orang yang kita temui, pelajari apa yang bisa kamu pelajari, selalu tertawa, lupakan keuangan yang semakin menipis, temukan siapa dirimu sebenarnya. Bawalah bolpein dan buku kecil untuk membuat jurnal perjalanan kita. Setiap backpacker pasti mengalami kejadian seru dan selalu berbeda-beda, tulislah pengalaman itu sebagai oleh-oleh kamu selama menjadi backpacker.   

Foto kredit: Farewell
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates