Sunday, July 10, 2011

Apa Itu Backpacker

Apa Itu Backpacker

Secara harfiah Backpacker berasal dari kata Backpack yang berarti ransel (tas) punggung, sedangkan Backpacker adalah orang yang melakukan perjalanan menggunakan ransel punggung.
Ransel punggung mereka hanya berisikan perlengkapan sederhana seperti pakaian, tempat makan, sleeping bag, dan sebagainya yang berguna dalam mengiringi perjalanan para Backpacker kemana pun pergi. Sangat sederhana, tinggal gendong lalu ransel punggung tersebut menjadi teman yang setia mengikuti para Backpacker bertualang.
Backpacker sering juga disebut dengan turis sandal japit, karena kebanyakan dari mereka selalu menggunakan sandal japit dalam perjalanannya, juga dikarenakan para Backpacker identik dengan turis “kere” alias mereka yang suka melakukan travelling dengan budget yang minim.
Kadang para Backpacker selalu tidur di mana saja menggunakan sleeping bag yang selalu mereka bawa dengan catatan tempat tersebut aman, semisal di bandara. Walaupun begitu, para backpacker bukanlah orang yang benar-benar “kere” dalam artian yang sebenarnya. Mereka dapat bepergian dengan menggunakan pesawat dan terkadang mereka harus mencarter transportasi lokal yang harganya tidak murah untuk dapat mengunjungi destinasi yang sulit dijangkau.
Sah-sah saja mereka disebut dengan turis “kere”, namun menurut saya kata yang tepat untuk menggambarkan para Backpacker adalah orang-orang (turis) yang senang dengan petualangan dan tantangan. Para Backpacker mengatur rencana perjalanannya sendiri, pergi ke suatu tempat yang menarik, jarang dikunjungi orang banyak, sulit dijangkau dan terkadang tidak mungkin didapatkan apabila menggunakan jasa paket wisata.  
Namun  terkadang mendadak mereka mengubah rencana perjalanannya sendiri dikarenakan rencana yang telah mereka buat tidak sesuai dengan yang diharapkan, atau menemukan destinasi yang lebih menarik yang sebelumnya tidak mereka rencanakan. Agak ribet juga memang dibanding berwisata dengan menggunakan jasa travel. Namun itulah seni dari menjadi seorang Backpacker.
Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba ber-travelling dengan menggunakan ransel punggung yang nyaman dibawa kemana saja sebagai tempat perlengkapan travelling Anda, yakni menjadi seorang Backpacker. Selamat mencoba.

Foto kredit: Stalin and the backpacker
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates