Saturday, August 13, 2011

Cara Mendapatkan API Key Gratis

Cara Mendapatkan API Key Gratis

Bagi yang baru belajar membuat blog dengan menggunakan wordpress, mungkin belum tahu benar apa yang dinamakan dengan API Key? API Key merupakan kode atau bisa disebut password untuk mengaktifkan plugin bawaan dari wordpress yang berfungsi untuk menyaring/membuang komentar spam, yakni Akismet. 

Akismetnya sendiri sebenarnya telah terinstal, namun harus mendapatkan API Key terlebih dahulu agar bisa mengaktifkannya. Waktu Saya pertama belajar membuat blog dengan wordpress, saya kira mendapatkan API key ini harus bayar. Ketika Saya mengklik link “get your API Key” munculah gambar seperti berikut ini:
Selamat tinggal komen spam
Kemudian Saya klik lagi pada tanda panah merah tersebut lalu muncul gambar seperti berikut:
Sign Up API Key
Eng-ing-eng... pada gambar tersebut kita diharuskan memilih sesuai dengan tipe blog kita dan harganya. Ya... namanya juga baru belajar, jadi mana mau Saya pakai yang berbayar. Setelah itu, Akismet Saya dibiarkan tidak aktif mungkin selama satu minggu.

Namun karena penasaran, setelah itu Saya Gugling kebanyakan bilang API Key itu bisa gratis, dan memang ternyata gratis. Caranya kita harus pilih sign up yang paling kanan (yang telah Saya tunjuk pake tanda panah pada gambar di atas) disana ternyata terlihat harganya adalah $0-$120/tahun. Setelah itu muncul gambar berikut:
API Key Emoticon - Senyum
Nah, gambar emoticon yang sedang tersenyum itu kita ubah aja dia jadi sedih biar gratis (bisa aja yang bikin, biar kita merasa ga tega dapat yang gratis). Ini dia gambar yang jadi sedih:
API Key Emoticon - Sedih
Isi datanya, lalu API Key akan dikirimkan melalui email Anda.
Atau lihat pada video berikut ini (*Note: sekarang emoticon senyum dan sedihnya sudah dihapus):



Foto kredit: Chinese Spammer!
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates