Wednesday, February 15, 2012

Bagaimana Cara Memasang Peta (Google Maps) Pada Blogger?

Bagaimana Cara Memasang Peta (Google Maps) Pada Blogger?

Semua orang tahu bahwa kegunaan peta adalah untuk menunjukkan/mempermudah dalam pencarian lokasi suatu tempat. Di era yang serba canggih ini, Anda dapat mencari suatu lokasi yang ada di dunia ini dengan menggunakan peta elektronik melalui internet. Bisa dengan google maps, bing maps, yahoo! maps, dan lainnya. Namun apabila Anda memiliki blog dan ingin menunjukkan dimana alamat Anda atau lokasi lainnya yang dirasa perlu dipasang diblog Anda maka Anda bisa menggunakan salah satu fitur peta yang dimiliki oleh ketiga mesin penelusur yang telah saya sebutkan di atas.

Untuk memasang peta diblog sangatlah mudah, namun apabila Anda orang yang sedang belajar blogging, saya akan memberitahu bagaimana caranya memasang peta pada blog. Contoh yang saya pakai adalah dengan menggunakan Google Maps dan Blogger. 

Pertama Anda masuk ke situs maps.google.com kemudian ketikan alamat atau daerah yang akan dijadikan lokasi pada peta Anda. Apabila sudah tampil lokasinya, Anda klik tanda seperti rantai sehingga muncul pop up baru. Klik pada kolom “Paste HTML to embed in website” dan copy kode html tersebut. Lihat gambar berikut (klik untuk memperbesar):

Setelah itu masuk ke akun Blogger Anda dan masukan ke halaman yang akan Anda pasangi peta tersebut. Masuk ke new post atau new page, klik menu HTML di kiri atas (bersebelahan dengan menu “compose”) dan kemudian paste kode HTML yang telah diambil dari google maps sebelumnya. Anda bisa mem-paste kode tersebut dimanapun, diatas sebelum tulisan, di tengah-tengah tulisan, atau dibawah tulisan konten. Setelah itu klik menu publish lalu peta Anda akan muncul di halaman blog Anda. 

Atau lihat pada video berikut:


Foto kredit: XPLANE Culture Map
Share This

1 comment:

  1. thanks infonya ya om..langsung di lakukan nich mampir ya ke makanapa.net

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates