Tuesday, February 7, 2012

Cara Mengganti Kata Secara Otomatis Di Ms Word

Cara Mengganti Kata Secara Otomatis Di Ms Word

Terdapat berbagai macam jalan pintas (shortcut) yang dapat digunakan pada Ms Word untuk mempersingkat waktu Anda dalam melakukan pekerjaan yang menuntut Anda untuk menggunakan Ms Word dalam pengerjaannya. Salah satu shortcut tersebut adalah mengganti kata yang salah dan memperbaikinya secara otomatis. Terkadang seseorang baru menyadari ketika tulisannya sudah selesai bahwa sebenarnya terdapat satu kata atau lebih yang harusnya diganti dengan kata lain (terkadang hal ini menimpa saya juga).

Apabila tidak menggunakan fasilitas shortcuts dari Ms Word, Anda hanya akan membuang-buang waktu berharga Anda. Cara manual adalah mencari setiap kata yang salah dan menghapus terlebih dahulu kata yang salah kemudian mengetikan kata baru yang benar. Apabila tulisan Anda hanya satu halaman dan kata yang salah tidak lebih dari 10 kata, mungkin cara manual masih bisa ditolelir karena sedikit kata yang harus Anda ubah. Namun, bagaimana jika tulisan yang Anda buat memiliki puluhan bahkan ratusan halaman serta kata yang salah mencapai ratusan/ribuan kata? Bisa-bisa Anda stress duluan sebelum menyelesaikan tulisan Anda.

Jadi bagaimana cara mengganti kata-kata tersebut dengan cara otomatis? Bersyukur karena Ms Word memberikan kemudahan untuk Anda. Anda tinggal tekan tombol ctrl dan huruf H berbarengan pada keyboard Anda maka akan muncul pop up seperti berikut ini:


Ketikan kata yang salah di kolom “Find what” dan ketikan kata yang benar di kolom “Replace with”, apabila Anda akan mengganti semuanya tekan tombol “Replace All” yang ada dibagian bawah. Coba dan lihat hasilnya, dengan begitu Anda bisa sangat menghemat waktu berharga Anda karena secara otomatis kata-kata yang salah tersebut dapat menjadi benar seperti yang Anda inginkan dalam waktu yang sangat singkat. Lihat gambar di bawah ini:


Atau lihat contoh dari video berikut:


Foto kredit: Few Words. Forever and a day!
Share This

3 comments:

  1. Makasih Mas Rudi,sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih gan Mukti, sdh sy kunjungi.
    bagus bgt blognya, Indonesia banget... mantap!!

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates