Monday, April 16, 2012

Hamster Jenis Apa Yang Cocok Untuk Pemula

Hamster Jenis Apa Yang Cocok Untuk Pemula

Russian Dwarf Hamster
Hamster merupakan binatang sejenis hewan pengerat seperti marmut dan tikus. Rupa ketiga binatang ini sebenarnya mirip satu sama lainnya, perbedaannya adalah hamster memiliki ekor yang sangat pendek, marmut tidak memiliki ekor, sedangkan tikus memiliki ekor yang panjangnya bisa sama dengan panjang tubuhnya. Dari ketiga binatang pengerat ini, jenis hamster sepertinya yang paling populer dipelihara orang karena bentuknya yang kecil juga imut (menggemaskan). 

Namun, hamster jenis apa yang cocok untuk dipelihara khususnya untuk pemula? Memang banyak sekali jenis hamster yang diketahui oleh manusia di bumi ini. Kurang lebih ada sekitar 19 jenis hamster yang digolongkan ke dalam 7 keluarga (genus) yakni:

·         Genus Mesocricetus (Hamster Emas)
- Hamster Suriah
- Hamster Turki
- Hamster Kaukasus
- Hamster Rumania
·         Genus Phodopus (Hamster Kerdil)
- Hamster kerdil putih Rusia
- Hamster kerdil Campbell
- Hamster Roborovski
·         Genus Cricetus
- Hamster Eropa
·         Genus Cricetulus
- Hamster Ladak
- Hamster kerdil bergaris
- Hamster Cina
- Hamster kerdil Kam.
- Hamster ekor panjang
- Hamster kerdil abu-abu
- Hamster Sokolov
·         Genus Allocricetulus
- Hamster Mongolia
- Hamster Kazakhstan
·         Genus Cansumys
­- Hamster Gansu
·         Genus Tscherskia
- Hamster Korea

Dari 19 jenis ini, hamster yang paling populer dipelihara oleh manusia mengerucut kedalam 5 jenis saja dan 3 keluarga yakni Hamster suriah, cina dan keluarga hamster kerdil (kerdil putih rusia, campbell dan roborovski). Hamster Suriah biasa disebut juga dengan hamster emas atau hamster beruang, kurang lebih bisa mencapai 5 – 7 inci (12,7 – 17,78cm) untuk ukuran dewasa, gaya hidup menyendiri dan lama hidup dapat mencapai 2 – 3 tahun. Hamster Kerdil ukuran dewasa kurang lebih dapat mencapai  1 – 4 inci (2,54 -  10,16cm), gaya hidup berkoloni atau dapat disatukan sesama jenisnya dan satu kelamin, masa hidup adalah 2 – 3 tahun. Hamster Cina kurang lebih dapat mencapai 4 inci (10,16cm) untuk ukuran dewasa, gaya hidup menyendiri, dan masa hidup 1,5 – 2 tahun.

Dari ketiga macam hamster ini (saya klasifikasikan menjadi 3 macam karena untuk hamster keluarga kerdil saya anggap satu jenis karena memiliki kemiripan sifat yang tidak jauh berbeda), kembali kepada Anda untuk memilihnya. Apakah Anda senang memiliki hamster satu saja atau lebih dari satu? Jika hanya satu, saya sarankan Anda memelihara jenis suriah atau cina karena kedua jenis ini memiliki gaya hidup penyendiri (solitary). Perbedaannya adalah suriah ukurannya besar seperti marmut dan cina ukurannya kecil namun memiliki bulu yang agak panjang (gondrong). Sedangkan hamster kerdil cocok bagi Anda yang senang memeliharanya lebih dari satu (dalam satu kandang), karena hamster jenis ini dapat disatukan dalam grup kecil namun jenis kelaminnya harus sama.

Namun, saya membaca forum luar yang membicarakan tentang jenis hamster yang paling diminati. Jenisnya mengkrucut lagi menjadi hanya 2 jenis yakni jenis suriah dan jenis kerdil. Perbedaannya sama seperti di atas, suriah agak besar seperti marmut dan kerdil ukurannya kecil. Akan tetapi ada hal yang menarik yang mereka perbincangkan tentang kedua jenis ini. Jenis suriah biasanya memiliki sifat lebih baik dibanding dengan jenis kerdil dalam artian jarang menggigit majikannya, sedangkan jenis kerdil biasanya suka menggigit majikannya. 

Jadi jenis hamster apa yang akan Anda pilih untuk dipelihara? Semoga postingan saya ini dapat membantu.

Foto kredit: Russian Dwarf Hamster

Referensi:
http://www.drsfostersmith.com/pic/article.cfm?aid=2053
http://petshub.com/forums/archive/index.php/t-50434.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Hamster
Share This

2 comments:

  1. kalo mau beli hamster russian dwarf dmana ya om ? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, mw beli? Mas Lukman dimana lokasinya?

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates