Thursday, April 19, 2012

Mengapa Arti Lain Dari Chicken Adalah Pengecut?

Mengapa Arti Lain Dari Chicken Adalah Pengecut?

Seperti yang kita ketahui bahwa chicken adalah satu kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti Ayam dalam Bahasa Indonesia tetapi bisa juga menjadi “pengecut”. Bahasa Indonesia memiliki bahasa gaul atau bukan bahasa formal yang penuturannya biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, contoh paling sederhananya seperti “lu” dan “gue” (anda dan saya). Begitu pun Bahasa Inggris, mereka biasa menyebutnya dengan bahasa slang

Ayam pagi
Tidak seperti Bahasa Indonesia yang biasanya memiliki kata berbeda antara kata gaul dan tidak seperti contoh di atas, Bahasa Inggris biasanya memiliki kata slang yang diambil dari kata lain yang sudah memiliki arti tersendiri namun menjadi beda artinya tergantung kalimat atau situasi kondisi percakapan. Salah satu contohnya ya chicken ini dengan arti pengecut. Sebenarnya selain chicken ada lagi kata lain yang artinya pengecut juga yakni “scaredy cat”, namun disini saya ingin membahas kata chicken setelah kebetulan saya membaca buku yang didalamnya menceritakan sifat negatif dari binatang yang dinamakan ayam.

Buku tersebut adalah buku yang dikarang oleh Parlindungan Marpaung dengan judul “Setengah Isi Setengah Kosong” (Half Full – Half Emtpy) yang diterbitkan pada tahun 2005. Setelah membaca buku tersebut pada bagian sub-judul “Aku Bukan Ayam” terlintas dalam pikiran saya dengan arti lain dari chicken yakni pengecut. Saya berasumsi sendiri bahwa mengapa penutur Bahasa Inggris menyebut orang lain sebagai pengecut dengan kata chicken karena sifat ayam yang tertera dalam buku tersebut.

Dalam buku tersebut dikatakan bahwa “jam terbang” ayam terbatas. Ketika hari mendekati senja, ayam sudah sulit untuk melakukan aktivitas apa-apa. Ayam selalu lari dan bersembunyi  ketika menghadapi tantangan. Jika Anda punya ayam di rumah, cobalah dekati, mereka biasanya suka kabur bukan? Sifat lainnya adalah bahwa ayam suka mencari anai-anai di pot bunga (apabila ada pot bunga), namun setelah mengacak-acaknya dia tidak pernah mau membereskannya. 

Pengecut sekali bukan yang namanya ayam itu, maka saya berasumsi karena faktor itulah arti lain dari chicken adalah pengecut. Akan tetapi ini hanyalah asumsi saya semata, saya sempat mencari di internet namun tidak menemukan alasan atau jawaban yang pasti mengenai chicken adalah pengecut. Tapi jika Anda mengetahui alasan lain, silahkan untuk didiskusikan disini supaya semua wawasan kita semakin bertambah.

Intermezzo:
Tetapi walau pun sifat daripada ayam itu pengecut, mereka selalu memberikan manfaat kepada kita sebagai manusia. Mereka enak dimakan dan selalu membangunkan kita di waktu subuh. Berbeda dengan orang yang memiliki karakter seperti ayam yang mungkin tidak ada manfaatnya bagi orang lain. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa orang yang berkarakter seperti ayam, lebih mudah melarikan diri pada hal-hal yang sifatnya semu, seperti mengonsumsi narkoba, minuman keras, maupun melakukan seks bebas. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari karakter seperti ayam tersebut.

Referensi:
Buku Setengah Isi Setengah Kosong (Half Full – Half Empty) Karangan Parlindungan Marpaung : 2005.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates