Monday, May 28, 2012

Cara Membuat Huruf Kapital Otomatis Pada Microsoft Office Word 2010

Cara Membuat Huruf Kapital Otomatis Pada Microsoft Office Word 2010

Huruf dan Angka
Perhatikan kalimat berikut ini:

Cara membuat huruf kapital otomatis pada microsoft office word 2010

Kira-kira seperti itulah jika Anda mengetik kalimat pertama pada Microsoft Office Word. Huruf kapital hanya terjadi diawal kalimat saja yakni pada kata Cara (C kapital) apabila pada contoh kalimat di atas. Namun terkadang Anda perlu mengubah kalimat tersebut menjadi seperti ini:

CARA MEMBUAT HURUF KAPITAL OTOMATIS PADA MICROSOFT OFFICE WORD 2010

Atau seperti ini:

Cara Membuat Huruf Kapital Otomatis Pada Microsoft Office Word 2010

Atau seperti ini:

cara membuat huruf kapital otomatis pada microsoft office word 2010

Jelas terlihat perbedaannya bukan? Yang pertama, kalimat tersebut hurufnya kapital semua; Kedua, huruf kapitalnya hanya pada awalan kata; dan ketiga kalimatnya menjadi huruf kecil semua alias tidak ada huruf kapitalnya.

Dengan begitu Anda dapat menghemat waktu bukan? Ini hanyalah tips sederhana bagi orang yang belum mahir/pemula dengan Microsoft Office Word. Bagaimana caranya?

Sangat mudah sekali, Anda tinggal blok seluruh kalimat yang ingin Anda rubah kemudian tekan berbarengan dikeyboard Anda SHIFT+F3, maka kalimat akan berubah hurufnya seperti yang telah saya contohkan di atas. Perubahan yang bisa dilakukan adalah tiga kali (kapital semua, kapital semua dibagian awal kata seluruh kalimat dan huruf kecil semua diseluruh kalimat).

Agar lebih jelas, silahkan perhatikan video berikut ini:



Note: Bagi pengguna laptop, biasanya agar F3 dapat berfungsi diharuskan menekan juga tombol FN, karena fungsi F3 pada laptop biasanya menjadi fungsi kedua setelah fungsi pencerahan, volume atau lainnya tergantung dari jenis dan masing-masing merk laptop. Jadi bagi pengguna laptop, biasanya harus menekan FN+SHIFT+F3. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Foto kredit: Letters
Share This

2 comments:

  1. wah kereen sob tutorialnya.. tapi ko ga bisa ya sob, saya sudah coba menekan tombol di keyboard shift+f3 ataupun ctrl+shift+a , sama saja tidak bisa, kalau langsung di wordnya bisa tidak sob ? terima kasih.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. di blok dulu sob tulisan yg mw diubahny baru pencet shift+f3 :)

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates