Thursday, May 10, 2012

Indonesia Hampir Memiliki Segalanya

Indonesia Hampir Memiliki Segalanya

Bromo, Tengger Semeru
Apakah Anda orang yang suka ber-travelling dalam artian melakukan aktivitas wisata baik itu tipe backpacker, standard atau luxury? Jika ya, kemana saja Anda sudah melakukan travelling? Beruntunglah bagi Anda yang bisa sering melakukan travelling untuk berwisata, itu artinya Anda memiliki kebebasan waktu dan juga uang.

Sekali lagi saya bertanya, kemana saja Anda sudah melakukan travelling? Bersyukurlah bagi Anda yang pernah pergi ke luar negeri seperti Eropa untuk melihat salju misalnya, ke Afrika untuk melihat gurun atau padang savana misalnya, ke Amerika Latin untuk melihat hutan Amazon misalnya, dan lain-lain. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bahwa dunia ini luas dan dipenuhi dengan berbagai macam keindahan alam atau tempat-tempat yang eksotis. Namun, tahukah Anda bahwa Negara Anda yang tercinta ini yakni Indonesia hampir memiliki semua keindahan alam atau tempat-tempat eksotis yang ada di dunia ini? Saya bersyukur jika Anda sudah tahu dan bahkan pernah bertravelling ke tempat-tempat tersebut. 

0103RajaAmpatS - 75 hard corals
Bawah laut Raja Ampat
Jika Anda ingin melihat salju, sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke luar negeri karena di Indonesia juga ada yakni di Puncak Jayawijaya Papua (Cartensz Pyramide). Jika Anda ingin melihat gurun, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Afrika untuk melihat gurun sahara karena di Yogyakarta juga terdapat gurun yang dinamakan dengan Gumug Pasir Parangkusumo. Jika Anda ingin melihat keindahan alam bawah laut, Anda bisa pergi diving ke Raja Ampat di Papua, Komodo – Flores, Bunaken, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin melakukan selancar dengan ombak yang tinggi, Anda bisa pergi ke Pulau Nias atau Bali, dan masih banyak lagi keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang tidak akan kalah oleh keindahan alam yang dimiliki oleh negara lain.


The Komodo Dragon
Komodo
Selain keindahan alam, Indonesia juga kaya akan keanekaragaman hewan dan juga tumbuhan. Hampir semua hewan yang ada di dunia ada di Indonesia bahkan terdapat hewan yang hanya ada di Indonesia seperti Komodo yang hanya ada di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, Gili Gasami – Indonesia atau pun Orang Utan yang hanya ada di Pulau Kalimantan dan Sumatera – Indonesia. Bahkan Kangguru yang identik dengan Australia ada di Indonesia yakni di Taman Nasional Wasur, Meurauke, Papua – hanya saja kanggurunya lebih kecil dibandingkan dengan kangguru yang ada di Australia. Mungkin hewan yang populer di dunia namun tidak ada di Indonesia masih dapat dihitung dengan jari seperti Koala di Australia dan Panda di Cina.

Durians on a tree
Durian
Indonesia pun memiliki tumbuhan yang hanya ada di Indonesia seperti buah Durian, namun sekarang terdapat negara yang membudidayakan buah ini seperti Thailand dengan Durian Montongnya. Pernah saya dan teman-teman saya menjadi guide turis Malaysia yang berkunjung ke Indonesia, waktu itu terdiri atas dua mobil dan sedang musim durian karena banyak pedagang durian di pinggir jalan. Ada turis yang bertanya kepada teman saya di mobil yang berbeda dengan saya, dia berkata "darimana asalnya buah durian?", sayangnya teman saya menjawab bahwa Indonesia mengimpor buah tersebut lalu membudidayakannya. Setelah mendengarkan teman saya yang bercerita seperti itu, saya sangat kecewa dan agak marah kepada dia, karena sebenarnya durian asli berasal dari Indonesia, namanya saja tetap durian dimanapun.

Ya... itulah Indonesia - sangat kaya sekali, saya yakin masih banyak lagi yang lainnya. Saya berharap Anda yang mengetahui keunikan lain yang dimiliki oleh Indonesia mau berbagi pengetahuannya disini, dan mohon koreksinya jika yang saya cantumkan di atas ada yang salah.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates