Monday, May 7, 2012

Mastering Ruler Microsoft Office Word 2010

Mastering Ruler Microsoft Office Word 2010

Kalau dari judul sepertinya ahli banget mengenai ruler microsoft office word 2010, pada kenyataannya penggunaan fasilitas ini sangat sederhana sekali. Mengapa saya posting artikel mengenai ruler ms office word 2010 ini? Karena walaupun sederhana ternyata beberapa orang teman saya yang bisa dikatakan jago dengan komputer, ada yang tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan fasilitas ruler ini. Jadi mungkin bagi Anda yang belum tahu boleh disimak artikel ini.

Namun pertama-tama, apa sih ruler itu? Ruler adalah salah satu fasilitas di microsoft office word untuk meluruskan/mensejajarkan antara satu paragraf dengan paragraf lainnya. Jika Anda membuat tulisan dan tulisan tersebut membubuhkan nomor/simbol untuk menyatakan suatu urutan atau lainnya seperti ini:
  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum convallis, orci vitae congue 
  • semper, ligula nibh tincidunt dolor, non posuere sem mi sit amet elit. In sollicitudin purus non purus 
  • tincidunt consectetur.  
Bisa dilihat paragrafnya jadi lebih menyerong kesebelah kanan. Kemudian dibawahnya biasanya Anda perlu membubuhkan lagi paragraf yang sejajar dengan paragraf diatas dari kalimat yang saya miringi tersebut atau mungkin lebih menyerong lagi ke kanan. Nah disitulah fungsi dari ruler, yakni untuk mensejajarkan paragraf tersebut. Cara kerjanya sederhana sekali, Anda tinggal menjatuhkan tanda | yang berkelip-kelip dengan mouse Anda ketika mengetik di ms office word lalu menggeser bentuk yang seperti pasir waktu diatas dari halaman ms office word Anda.

Masalahnya adalah jika Anda hanya menggeserkan bentuk yang seperti pasir waktu tersebut dengan mouse Anda dan tanpa bantuan lainnya, terdapat spasi dalam penggeserannya atau Anda tidak dapat menggeserkannya sekecil mungkin. Jika penggeseran ruler dengan mouse saja dapat mensejajarkan paragraf-paragraf yang ingin Anda sejajarkan, maka tidak ada masalah dengan apa yang Anda perbuat. Akan tetapi, dalam microsoft office word 2010 bisa terjadi kondisi dimana paragraf yang ingin Anda sejajarkan tidak mau sejajar terus dengan paragraf sebelumnya atau setelahnya dikarenakan terdapat spasi penggeseran.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, solusinya adalah ketika Anda menggeserkan ruler yang berbentuk seperti pasir waktu tersebut. Gunakan fungsi “Alt” pada keyboad PC Anda, maka tidak akan ada lagi spasi ketika Anda menggeserkannya sehingga Anda dapat dengan mudah mensejajarkan paragraf yang susah disejajarkan tadi menjadi sejajar. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat video dibawah ini:


Foto kredit: Ruler
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates