Thursday, May 31, 2012

Salah Satu Contoh Band Indie Sukses (The S.I.G.I.T)

Salah Satu Contoh Band Indie Sukses (The S.I.G.I.T)

Siapa bilang band indie Indonesia tidak bisa sukses? Memang gema/gaung musik indie di Indonesia tidak menggema seperti layaknya band mainstream/major label yang biasanya beraliran pop atau melayu. Namun ternyata sebenarnya band indie Indonesia lebih banyak berbicara di kanca internasional. Salah satu contoh dari sekian banyak band indie yang sudah berbicara di kanca internasional adalah The S.I.G.I.T.

The S.I.G.I.T (The Super Insurgent Group Of Intemperance Talent) adalah band indie yang berasal dari Kota Bandung. Walaupun mereka tidak suka musiknya dikategorikan, namun musik mereka dapat dikatakan kedalam kategori “garage rock”. Beberapa penghargaan dari luar negeri telah mereka raih (Anda bisa mengetahui penghargaan-penghargaan yang telah mereka dapat melalui referensi tulisan ini diakhir).

Mungkin bagi Anda yang belum tahu The S.I.G.I.T penasaran, memangnya mereka terkenal dimana? Mereka terkenal di Australia dan juga Amerika Serikat, di Indonesia pun sebenarnya cukup terkenal apabila dikalangan penikmat musik indie. Namun, secara keseluruhan kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Orang pasti lebih mengenal Peterpan daripada The S.I.G.I.T. Ya, ini mungkin dikarenakan selera masyarakat Indonesia yang lebih menyukai musik bernada pop atau karena promosi dari band indie tidak semewah band major label.

Karena menurut saya sebagus apa pun musik yang diciptakan oleh band indie, jika promosinya kurang bagus, maka tidak akan banyak telinga yang dihinggapi oleh musik bagus tersebut sehingga pada akhirnya musiknya hanya berkembang sebatas fans fanatiknya yang biasanya fans fanatik band indie itu sedikit sekali jika dibandingkan major label. 

Oleh karena itu, menjadi band indie yang alirannya tergolong aneh/unik jika di Indonesia, selain harus selalu membuat karya yang orisinil dan bagus, harus bisa pintar-pintar mempromosikan lagunya ke khalayak ramai. Teknologi informasi sekarang sudah sangat berkembang, Anda harus dapat memanfaatkannya. Ya The S.I.G.I.T pun awal mulanya terkenal karena aktif di jejaring sosial. Dunia maya ini mengantarkan mereka terkenal diluar negeri, apalagi kalau bukan karena jangkauan dari internet ini sangatlah luas (seluruh dunia).

Jadi jika Anda/band Anda ingin bisa seperti The S.I.G.I.T, Anda harus terus menciptakan karya musik Anda (apa pun alirannya), karena jika lagu Anda ditolak di Indonesia, saya yakin diluar sana banyak yang menyukai musik Anda. Sering-seringlah di upload melalui youtube (gratis ini) dan aktiflah di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Orkut, Google +, My Space dan masih banyak lagi.

Ok akhir kata, majulah musik indie Indonesia!!!

Foto kredit: The S.I.G.I.T

Referensi:
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates