Wednesday, May 30, 2012

Warnanya Orange Tapi Mengapa Disebut Black Box?

Warnanya Orange Tapi Mengapa Disebut Black Box?

Jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 buatan Rusia di Gunung Salak, Bogor beberapa waktu yang lalu mengingatkan kita betapa hidup dan mati semua orang itu tidak ada yang tahu kecuali Tuhan. Saya pribadi turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kecelakaan tersebut. 

Terlepas dari kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 tersebut, setiap pesawat yang mengalami kecelakaan, hal terpenting kedua selain menyelamatkan jiwa korban adalah mencari benda yang disebut dengan black box. Ya dikarenakan black box dapat membantu penyelidikan terhadap apa yang menjadi penyebab kecelakaan.

Sebenarnya black box hanyalah istilah, aslinya adalah Flight Data Recorder (FDR) atau Accident Data Recorder (ADR) yakni alat elektronik yang dapat merekam segala komunikasi antara pilot dengan menara atau operator penerbangan yang berada di darat. Walaupun begitu, istilah black box lebih terkenal dari pada nama aslinya sendiri yakni FDR atau ADR.

Black box pada pesawat biasanya diletakan dibagian ekor pesawat agar dapat selamat jika terjadi kecelakaan, selain itu juga tahan benturan dan api. Namun yang menarik adalah mengapa disebut dengan black box atau kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah kotak hitam. Padahal seperti yang kita ketahui warnanya adalah oranye, mengapa tidak disebut orange box?

Black Box
Selidik demi selidik ternyata tidak ada penjelasan yang pasti mengapa disebut dengan black box. Menurut wikipedia salah satunya adalah karena mengacu kepada film mengenai perekam data penerbangan yang mengharuskan bagian dalam dari perekam agar berwarna gelap sehingga mencegah terjadinya kebocoran cahaya yang dapat merusak data. Penjelasan lainnya adalah bahwa nama black box tercetus dalam sebuah miting tentang Warren’s “Red Egg”, ketika itu seorang jurnalis berkata kepada Dr. Warren, “This is a wonderful black box”. 

Penjelasan lainnya adalah karena memang dulu warnanya hitam namun dikarenakan sulit dicari ketika terjadi kecelakaan, maka diubah menjadi warna oranye terang agar mudah ditemukan jika terjadi kecelakaan.

Foto kredit: IMG_9839
Share This

1 comment:

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates