Tuesday, June 26, 2012

Berkenalan Dengan Lisensi Creative Commons (CC)

Berkenalan Dengan Lisensi Creative Commons (CC)

Mungkin sebagian dari Anda sudah paham betul dengan apa yang dinamakan lisensi Creative Commons (CC), tapi saya yakin masih banyak juga yang belum mengenal apa itu lisensi CC. Menurut saya lisensi CC merupakan penolong banyak orang dalam ranah internet. Kok bisa begitu? Terlebih dahulu mari kita baca pengertian lisensi CC yang saya kutip dari wikipedia Indonesia berikut ini: “Creative Commons (CC) adalah suatu organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal untuk digunakan kembali dan dibagi. Organisasi ini telah menerbitkan beberapa lisensi hak cipta yang dikenal dengan lisensi Creative Commons. Lisensi-lisensi ini, tergantung dengan mana yang dipilih, membatasi hanya suatu (atau tidak ada sama sekali) hak atas suatu karya”.

Lisensi Creative Commons
Dengan membuat karya kreatif melalui internet dan diterbitkan dengan lisensi CC, artinya Anda telah bersedia karya Anda dipakai ulang dengan gratis oleh orang lain dan menyatakan bahwa hal itu adalah legal walaupun ada beberapa persyaratan kecil diantaranya. Artinya, Anda sama saja dengan menyumbang (memberi) konten gratis yang bisa dipakai oleh orang lain dan diantaranya bisa untuk dijadikan sebagai bahan komersial. Ingat, memberi merupakan suatu amalan. Bayangkan jika karya Anda yang diterbitkan dengan lisensi CC banyak dipakai orang, maka sudah pasti itu merupakan amalan yang luar biasa dan Anda mendapatkan pahala oleh karena banyak orang yang terbantu atas karya Anda.

Saya pun merasa tertolong sekali dengan adanya lisensi CC dalam halnya pembuatan blog ini. Template yang saya pakai ini berlisensi CC, hampir seluruh gambar yang ada pada blog ini saya dapatkan melalui lisensi CC, serta kutipan tulisan (konten) yang biasanya saya ambil dari wikipedia merupakan tulisan berlisensi CC karena wikipedia diterbitkan dengan menggunakan lisensi CC. Hanya ide, video dan konten tulisanlah yang orisinil dibuat oleh saya. Apa jadinya jika tidak ada lisensi CC? Mungkin blog saya akan sangat terlihat hambar (sepi akan visualisasi) atau saya tidak akan pernah membuat blog karena tidak ada modal untuk membeli materi untuk memvisualisasikan blog saya ini. Terima kasih lisensi CC, berkat lisensi CC saya bisa mendapatkan konten gratis untuk membuat blog ini terlihat sedikit menarik.

Jika Anda memiliki banyak materi konten sendiri seperti foto-foto yang bagus, video dan bahkan Anda sangat terampil dalam membuat desain website/blog, mungkin Anda tidak memerlukan konten berlisensi CC sebagai materi pembuatan blog Anda. Atau jika Anda memiliki banyak uang/modal, Anda tinggal membeli konten apa pun yang sangat bagus dengan uang Anda. Namun, banyak orang yang seperti saya yang tidak memiliki banyak modal untuk membuat situs atau pun jika memang banyak dananya, biasanya orang enggan untuk membeli konten hanya untuk memperkaya visualisasi situsnya. Gawatnya masih banyak orang yang mengcopy sana mengcopy sini materi yang ada di ranah internet tanpa izin. Untungnya hukum mengenai teknologi informasi di Indonesia saya kira masih sangat rancu.

Menurut saya mengcopy sana-sini materi tanpa izin merupakan hal ilegal walaupun pada saat ini belum terjadi apa-apa (belum ada hukuman) bagi orang tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan konten legal secara gratis dan bahkan Anda tidak perlu meminta izin sebaiknya Anda  mengambil konten berlisensi CC. Namun memang biasanya konten CC tidak sebagus dan selengkap konten berbayar, oleh karena itu diharapkan Anda apabila sering menggunakan konten berlisensi CC, Anda juga mau menyumbang karya Anda untuk dijadikan konten berlisensi CC sehingga menambah perbendaharaan konten berlisensi CC. Tidak ada uang/materi yang Anda dapatkan darinya, namun yakinlah bahwa yang Anda lakukan tersebut dapat menjadi suatu amalan.

Namun, lisensi CC ada yang bisa dipakai ulang untuk komersial dan bukan untuk komersial (secara garis besar). Ada tujuh jenis lisensi CC diranah internet ini yakni:

Silahkan klik pada masing-masing jenis lisensi CC diatas untuk mengetahui pengertiannya pada situs resmi mereka, atau silahkan lihat pengertiannya melalui video dibawah ini:

Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates