Wednesday, June 6, 2012

Cara Lain Go International (Musik)

Cara Lain Go International (Musik)

Mungkin bisa dikatakan kalau ada kesempatan untuk go international, semua musisi di Indonesia pasti tidak akan melewati kesempatan itu. Mengapa tidak? Karena dengan go international karya musik mereka bisa dinikmati diseluruh dunia, terkenal diseluruh dunia, dan semakin kaya tentunya. Namun, bukan hal perkara yang mudah bagi musisi Indonesia untuk dapat go international
Untuk go international, lirik lagu harus berbahasa Inggris. Namun, itu saja tidak cukup karena untuk menembus pasar internasional musisi kita harus bisa menembus label di Amerika Serikat atau Eropa biasanya. Agnes Monica yang menurut saya memiliki talenta besar pun cukup kesulitan untuk go international, walau pun pada akhirnya dengan kerja kerasnya dia sudah sedikit lagi go internasional terbukti dengan di undangnya dia di American Music Awards sebagai host beberapa waktu lalu dan pernah berduet dengan musisi internasional salah satunya dengan Christian Chavez, dan yang terakhir rekaman di Los Angeles, Amerika Serikat.

Namun ada vokalis dari Indonesia yang mampu go international lebih mudah dibandingkan dengan Agnes Monica (menurut saya), ada yang bilang dia dari Manado ada yang bilang dari Ambon. Dia adalah Dougy Mandagi, vokalis dari band The Temper Trap. Dougy Mandagi adalah satu-satunya personil (vokal, gitar) yang berasal dari Indonesia dalam bandnya itu, karena yang lainnya berasal dari Australia yakni: Jonathon Aherne (bass), Lorenzo Sillitto (gitar), Joseph Greer (keyboard, gitar)  dan Toby Dundas (drum).

Secara keseluruhan The Temper Trap (2005) merupakan band indie asal Australia, dengan single jagoannya yang berjudul sweet disposition mereka mampu menduduki  top 10 dibeberapa negara di Eropa serta menjadi soundtrack film Hollywood yakni 500 Days Of Summer serta video game ternama seperti FIFA 10 dan PES 2011, berbagai penghargaan  musik di Eropa dan masih banyak lagi (Anda bisa baca selengkapnya melalui link referensi diakhir postingan). Mereka bisa begitu karena yang asalnya rekaman di Melbourne, Australia pindah ke London, Inggris. Jadi seperti yang telah saya tulis di paragraf awal, untuk bisa tembus go international harus bisa rekaman kalau tidak di Amerika ya di Eropa.

Jadi kesimpulan dari postingan ini adalah, jika Anda memiliki teman yang berasal dari luar negeri yang berbahasa Inggris (native speaker) dan menyukai musik. Coba ajak teman Anda tersebut untuk membuat band, tidak mustahil jika Anda bisa seperti Dougy Mandagi yang telah go international bersama bandnya The Temper Trap. 

Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates