Tuesday, July 17, 2012

Antara Page Rank dan Alexa Rank, Manakah Yang Lebih Baik?

Antara Page Rank dan Alexa Rank, Manakah Yang Lebih Baik?

Bagi yang baru belajar bikin blog mau pun situs/website pribadi, mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui posisi blognya apakah sudah terbilang bagus atau belum? Sebenarnya banyak faktor, namun yang paling populer adalah mengukurnya melalui Page Rank dan Alexa Rank. Disini saya akan menjelaskan antara Page Rank dan Alexa Rank tidak secara detail – tidak menjelaskan bagaimana Page Rank dan Alexa Rank bekerja secara algoritma atau semacamnya yang bisa membuat para pemula pusing termasuk saya. Namun, disini saya hanya akan mencoba menjelaskan fungsi dan cara kerja sederhana dari Page Rank dan Alexa Rank berdasarkan analisa sederhana saya.

Rank
Page Rank yang dtemukan oleh Larry Page dan dipakai oleh mbah Google memiliki fungsi untuk me-ranking setiap laman yang ada pada sebuah website. Skala ranking yang digunakan adalah 1-10 dimana 10 merupakan ranking tertinggi (contoh website saat ini yang memiliki page rank 10 adalah twitter). Sebuah laman website bisa mendapatkan ranking yang tinggi apabila banyak website lain yang memasang link ke laman tersebut. Hal ini bisa dikatakan seperti “voting” – banyaknya website lain yang memasang link ke suatu laman tertentu diibaratkan banyak orang yang memilih laman tersebut sebagai laman yang bagus. Sehingga suatu website dapat dilihat laman mana saja yang memiliki page rank tinggi atau tidak memiliki sama sekali.

Contoh: www.situs-anda.com/laman-satu dan  www.situs-anda.com/laman-dua akan memiliki ranking berbeda tergantung dari “voting” orang lain. Nah, jadi sebuah website menurut page rank dapat dikatakan bagus jika setiap halamannya memiliki ranking. Pada umumnya memiliki page rank 3 sudah dikatakan bagus melihat dari banyaknya website di dunia ini (banyak sekali pesaing). Dengan menggunakan page rank untuk mengukur website Anda, Anda menjadi tahu laman mana saja yang tidak memiliki ranking, sehingga Anda dapat meng-optimalkan laman tersebut agar memiliki ranking.

Sedangkan Alexa Rank jelas berbeda dengan Page Rank. Tidak seperti Page Rank yang me-ranking setiap laman pada sebuah website. Alexa Rank me-ranking sebuah website secara keseluruhan. Alexa membuat ranking 1, 2 , 3, .... dst. Dimana ranking 1 merupakan ranking tertinggi (www.google.com saat ini memiliki ranking 1 versi Alexa). Tidak seperti Page Rank dengan “voting”-nya, Alexa membuat ranking berdasarkan rata-rata kunjungan (visitor) terhadap suatu website per harinya. Laman mana saja yang dikunjungi oleh visitor tidak dipedulikan oleh Alexa, yang dilihat adalah visitor tersebut berkunjung ke satu domain tertentu maka dihitung bahwa domain tersebut mendapatkan visitor sekian banyak perharinya.

Contoh jika satu orang membuka laman www.situs-anda.com/laman-satu  atau pun masuk melalui subdomainnya kalau ada, misal masuk lewat blog.situs-anda.com, maka akan dihitung bahwa domain situs-anda.com mendapatkan satu kunjungan. Dengan kata lain Alexa me-ranking suatu website berdasarkan jumlah traffic/kunjungan terhadap suatu website (satu domain). Kemudian dibandingkan dengan website yang lain, traffic mana yang lebih tinggi, dimana website yang memiliki traffic lebih tinggi tentunya akan memiliki ranking lebih baik dengan website yang memiliki traffic lebih rendah. Hanya saja kelemahan dari Alexa Rank adalah mereka me-ranking website berdasarkan data traffic 3 bulan yang lalu. Walau pun tetap saja Alexa Rank selalu dijadikan acuan bagus tidaknya suatu website.

Nah, setelah membaca mengenai Page Rank dan Alexa Rank, tools mana yang akan Anda pakai? Saya sarankan Anda memakai keduanya. Dan bagaimana agar website Anda memiliki Page Rank mau pun Alexa Rank yang bagus? Saya sarankan agar Anda sering meng-update website Anda dengan konten yang orisinil.

Foto kredit: Rank Full
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates