Monday, August 20, 2012

Goa Jomblang – Pesona Vertikal dan Horisontal Adrenalin

Goa Jomblang – Pesona Vertikal dan Horisontal Adrenalin

Bagi Anda yang phobia ketinggian, Jangan Pernah mengunjungi Goa ini! Sedangkan bagi Anda pencinta tantangan dan petualangan, goa-goa di kawasan Karst Gunung Kidul memang terkenal dengan surganya adrenalin. Salah satunya adalah Goa Jomblang yang terletak 10Km di sebelah tenggara Kota Wonosari, Kecamatan Semanu, dan 50Km dari Yogyakarta. Goa ini berupa Goa Vertikal/Sinkhole sedalam kurang lebih 80 meter dengan diameter 25 meter. Starting Point Adrenalin Anda akan terpompa dengan sangat cepat ketika bergelantungan menuruni tebing curam, licin dan berlumpur dengan dikatrol menggunakan seutas tali. 
Masuk Goa Jomblang - Goa Vertikal
Dikarenakan tertutup oleh tanaman yang sangat lebat, di dasar goa ini terdapat hutan purba dengan tanaman endemik yang tidak ada di permukaan. Ratusan tanaman rambat dan akar tanaman menjuntai ke bawah, sehingga serasa berada di dunia lain. Tetapi daya tarik utama goa ini masih menunggu dengan anggun di ujung perjalanan horisontal yang gelap ke Goa Grubug. Topografi goa ini memang membentuk huruf U yang berjarak kurang lebih 500 meter satu sama lain dan penduduk setempat menyebutnya Luweng.

Jika Anda pernah mendengar dan menyaksikan cerita Bapak Cahyo Alkantana di salah satu stasiun televisi, maka Anda akan sangat terkejut dan kagum melihat Cahaya Surga/Ray of Light dengan sangat nyata di ujung perjalanan. Nama yang diberikan memang sangat sesuai dan itu hanya berlangsung siang hari dari pukul 11.00 – 13.00. waktu yang sangat tepat adalah ketika tengah hari, dimana cahaya tersebut menyentuh stalagmit raksasa dan kita bisa berdiri di atasnya ditemani rintikan air. Pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen penting ini! Jika curah hujan tidak terlalu tinggi ada sungai bawah tanah yang dapat dikunjungi. Kejutan yang lain juga menunggu ketika istirahat makan siang yang disediakan operator di Ending Point. Makan di hutan sudah sangat biasa tetapi makan di dalam goa yang cukup gelap, mempunyai sensasi yang sangat luar biasa.
Cahaya Dari Surga - Goa Jomblang
Petualangan adalah petualangan dan perjalanan menuju goa ini cukup menantang dengan kemungkinan terbesar adalah tersesat. Anda akan bertemu dengan rambu perjalanan yang minim dan kualitas jalan off-road ketika memasuki daerah Semanu. Dari jalan utama setelah papan nama Jomblang Cave, Anda akan menempuh trail sejauh kurang lebih 2 Kilometer. Pastikan ban kendaraan Anda dalam kondisi prima. Bapak Cahyo Alkantana selaku pimpinan operator, menyarankan agar berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 06.00 WIB dan tiba diperkirakan sekitar pukul 09.00 untuk Briefing awal.

Di dalam briefing akan dijelaskan mengenai peraturan dan kondisi awal goa dengan batas kunjungan 25 orang per hari. Fasilitas yang disediakan adalah perlengkapan caving beserta lampu, kamar ganti, shower room, welcome drink dan ada juga villa bagi Anda yang ingin menginap. Baju ganti, celana pendek, kantong plastik dan kamera merupakan hal yang wajib dibawa. Diluar biaya transportasi, pengalaman ini mempunyai harga yang sangat rasional, yaitu sebesar Rp450.000,-/ orang. Buktikan, jika Anda benar-benar mempunyai nyali!

CP: Bapak Cahyo Alkantana (0811117010)

Text: Reiza Miftah Wirakusuma; Foto: Herdi Heryadi dari Akasacara
Share This

7 comments:

  1. wah jadi pengin ke sana mas,...

    salam,selamat idul fitri mohon maaf lahir bathin mas Rudi..

    ReplyDelete
  2. Bagus ya mas goanya?

    Selamat idul fitri juga bwt mas Aang, mohon maaf lahir & batin.

    ReplyDelete
  3. goanya bagus banget mas ,tapi saya sudah enggak mungkin nih bepergian jauh hehe..

    sudah banyak "balad' di belakang hehe..
    semangat terus mas Rudi,mumpung masih muda.

    ReplyDelete
  4. Bagus bgt tuh gua..aku pengen kesana..tp gx tau deh jd ato cm rencana doang..hehehe

    ReplyDelete
  5. kesana harus merogoh gocek 450rb/orang ya gan...
    wah jadi pengen gara2 fotonya itu lho... brrrrrrrr.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan, itu kontak saja no Pak Cahyo Alkantananya. klo ga salah beliau pernah masuk kick andy. klo nanti udah kesana, share pengalamannya ya gan :))

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates