Tuesday, August 14, 2012

Tidur 8 Jam = Pendek Umur

Tidur 8 Jam = Pendek Umur

Berapa jam Anda tidur setiap harinya? Banyak yang mengatakan (diantaranya adalah dokter) bahwa tidur 8 jam per hari adalah yang paling bagus untuk kesehatan Anda. Namun apakah pernyataan ini “mutlak” benar? Jika pernyataan ini memang benar, berarti setiap harinya kita menghabiskan waktu yang diberikan Tuhan yakni 24 jam, sepertiganya adalah untuk tidur. Itu artinya jika rata-rata kita tidur dari semenjak lahir hingga meninggal adalah 8 jam, maka sebenarnya waktu yang kita gunakan untuk beraktifitas hanya sedikit.

Sedang Tidur
Bilamana Tuhan memberikan kita umur 63 tahun seperti yang diberikan kepada Nabi Muhammad Sallalahu 'alaihi wassalam, selama kurun waktu itu kita tidur 8 jam setiap harinya, maka itu artinya sepertiga usia kita dihabiskan hanya untuk tidur yakni 21 tahun. Secara tidak sadar dalam 63 tahun tersebut berarti kita hidup di dunia ini hanyalah 42 tahun. Karena tidur itu sesungguhnya adalah “mati sementara” (kita tidak merasakan apa-apa kecuali sesekali bermimpi). Sehingga sebenarnya apabila kita terlalu banyak tidur, maka secara tidak sadar kita telah memperpendek umur hidup kita sendiri di dunia ini.

Selain itu, jika terlalu banyak tidur sulit bagi kita untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Lihat saja orang-orang besar (orang-orang sukses) di dunia ini biasanya rata-rata mereka hanya tidur 4 jam saja dalam sehari. Dan kebanyakan dari mereka tidak menemui gangguan kesehatan yang berarti akibat mereka tidur 4 jam per harinya.

Dari berbagai referensi yang saya baca, Nabi Muhammad Sallalahu 'alaihi wassalam pun rata-rata hanya tidur 4 jam per harinya. Beliau tidur antara pukul 20.00 atau 21.00 lalu kemudian bangun pada dini hari sekitar pukul 00.00 atau 01.00 untuk melakukan sembahyang dan tidak tidur lagi setelah itu. Hasilnya, hanya dalam 23 tahun beliau membangun kesuksesan Islam yang sampai sekarang masih terasa pengaruhnya dan mendalam serta berakar. Bahkan Michael H. Hart penulis buku 100 orang paling berpengaruh di dunia ini mencantumkan Nabi Muhammad Sallalahu 'alaihi wassalam pada peringkat pertama padahal dia bukanlah seorang muslim.

Jadi Anda mau mengikuti siapa? Mengikuti saran tidur 8 jam per hari dengan alasan menjaga kesehatan? Atau mencontoh orang-orang besar yang hanya tidur rata-rata 4 jam per harinya? Walau pun sebenarnya perbedaan kita dengan Nabi Muhammad Sallalahu 'alaihi wassalam hanyalah “sedikit”. Beliau sedikit makannya, sedikit bicaranya dan sedikit tidurnya. Sedangkan kita sedikit-sedikit makan, sedikit-sedikit bicara dan sedikit-sedikit tidur, hehe...

*Dari berbagai sumber.
Share This

1 comment:

  1. mas Rudi tidurnya berapa jam nih hehe..?

    sepakat, orang yang sedikit tidur pasti banyak meleknya termasuk melek kepada kehidupan dan pengetahuan.melek kepada segala peluang untuk lebih baik.

    saalaman Mas Rudi

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates