Thursday, September 6, 2012

Apakah Benar Bayi Alergi Susu Sapi?

Apakah Benar Bayi Alergi Susu Sapi?

Adalah benar bahwa susu sapi memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Selain sebagai salah satu sumber mata pencaharian manusia, susu sapi pun bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki gizi yang bagus atau dengan kata lain dapat menyehatkan. Namun terdengar kabar bahwa susu sapi dapat menimbulkan efek negatif juga khususnya kepada bayi. Katanya bayi bisa alergi apabila meminum susu sapi. Apakah benar bayi alergi susu sapi?
Sebenarnya bukan bayi saja yang bisa alergi terhadap susu sapi, orang dewasa pun bisa, namun kasus alergi terhadap susu sapi sering terjadi pada bayi. Padahal susu sapi merupakan bahan sumber utama atau sumber yang paling banyak digunakan untuk dijadikan susu formula. Oleh karena itu, sebaik-baiknya susu untuk bayi adalah ASI (Air Susu Ibu). Namun dalam beberapa kasus ibu bayi tidak dapat memberikan ASI-nya dikarenakan alasan medis.
Akan tetapi, mengapa bayi bisa alergi terhadap susu sapi, padahal sebenarnya protein daripada susu sapi adalah yang paling dekat dengan protein ASI? Hal ini dikarenakan protein susu sapi lebih besar dibandingkan dengan protein ASI sedangkan sistem imun atau sistem kekebalan bayi masih rentan.    Secara sederhananya imun si bayi salah menilai terhadap kelebihan protein tersebut, si imun menganggap kelebihan protein tersebut merupakan sesuatu yang dapat merugikan bayi atau dengan kata lain dianggap sebagai penyakit atau virus. Oleh karena itu, si imun bayi melawannya sehingga terjadilah alergi pada bayi terhadap susu sapi.
Bayi Lucu
Oleh karena itu, jika Anda memiliki ASI yang sehat, sebaiknya Anda susui bayi Anda dan jangan beri susu sapi sebelum mencapai umur 2 tahun. Dengan ASI anak Anda dapat tumbuh dengan sehat. Selain itu, dengan memberikan ASI kepada bayi Anda, maka Anda dapat terhindar dari kanker payudara. Namun jika memang Anda tidak dapat memberikan ASI karena alasan medis, Anda bisa memberinya susu sapi formula apabila tidak alergi (salah satu contoh bayi alergi susu sapi adalah munculnya bintik-bintik merah dan gatal). Apabila alergi, maka Anda dapat memberinya susu formula dari kedelai. Jika dengan susu kedelai pun mengalami alergi, maka Anda harus memberinya susu formula hipalergenik. Susu formula hipalergenik merupakan susu formula yang proteinnya telah diuraikan menjadi partikel-partikel yang dapat membuat tidak terjadi alergi pada bayi.
Referensi tulisan dibuat dari berbagai sumber.
Share This

2 comments:

  1. yups sepakat mas,jikalau ASI-nya si ibu menyusui normal dan sehat,ASI adalah lebih baik.

    secara hakikat ASI lebih manusiawi sebagaimana disarankan oleh syariat Islam..

    berikan susu Sapi jika si Ibu berhalangan dan darurat saja.


    semoga kaum Ibu mendahulukan pentingnya Susu "manusiawi" kepada anak-anaknya daripada sekedar takut Payudaranya jadi kurang menarik nantinya.

    saya akan menulis juga topik sama dengan tema lain bro...hehe..

    menarik.salaman

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates