Thursday, September 13, 2012

Cara Membuat Default OS Pada Windows

Cara Membuat Default OS Pada Windows

Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang cara untuk mencoba Ubuntu pada Windows Anda disini. Karena komputer Anda dijadikan dual boot alias memiliki dua OS dalam satu komputer, namun default pertama pastinya adalah Windows karena Anda menginstall Ubuntu pada Windows bukan Windows pada Ubuntu, sehingga setiap kali Anda menghidupkan komputer Anda, jika Anda tidak memilih menggunakan Ubuntu pada awal booting, maka secara otomatis komputer Anda masuk ke OS Windows.

Nah, masalahnya jika Anda sudah kepincut dengan Ubuntu atau sedang ingin memakai Ubuntu untuk mempelajarinya. Mungkin Anda bertanya bagaimana menjadikan Ubuntu sebagai OS default Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot harus memilih OS Ubuntu pada awal booting komputer Anda. Caranya sangat mudah saja, Anda masuk dulu ke OS Windows Anda, yang saya contohkan berikut ini untuk pemakaian Windows 7, mungkin sama saja jika Anda menggunakan Windows lainnya.

Klik pada start menu atau tekan tombol Windows pada keyboard Anda > klik kanan pada tab computer > klik properties > klik advanced system settings > klik settings pada menu startup and recovery > pilih Ubuntu pada menu default operating system. Berikut saya contohkan dengan gambarnya (klik gambar untuk memperbesar):
1
2
3
4
Selamat mencoba.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates