Wednesday, September 12, 2012

Coba Ubuntu Pada Windows Anda

Coba Ubuntu Pada Windows Anda

Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang lebih baik pakai OS Linux yang berbasis open source daripada jika Anda menggunakan OS Windows bajakan disini. Karena pengoperasian OS Linux agak berbeda dengan Windows, Anda bisa mencoba terlebih dahulu menginstallnya berdampingan dengan Windows sehingga Anda bisa belajar sedikit demi sedikit namun Windows Anda tidak langsung di uninstall agar Anda tidak kaget.
Tampilan Default Desktop Ubuntu 12.10
Linux yang paling terkenal menurut saya adalah Ubuntu. Anda bisa mencoba memakai Ubuntu dan merasakan perbedaannya. Menurut saya Ubuntu enak dipakai, selain ringan (alias setiap prosesnya cepat) juga sangat visualisasi sekali atau enak dipandang. Lalu bagaimana cara menginstallnya?

Ada tiga cara menginstall yang saya tahu, pertama Anda masuk ke situs resmi mereka disini kemudian download Windows installer for Ubuntu (Wubi Installer) sebesar kurang lebih 3 MB. Kemudian setelah terdownload Anda harus memiliki koneksi internet yang lumayan cepat pada komputer Anda karena setelah itu Anda bisa langsung menginstallnya (install langsung sambil download OS-nya). Caranya bisa Anda lihat disini.

Atau Anda bisa juga men-save filenya terlebih dahulu sebesar kurang lebih 700MB pada situs resmi mereka di atas. Kemudian setelah terdownload, Anda bisa burn dulu pada DVD writer dengan fungsi Bootable atau memakai Flashdisk untuk bootingnya. 

Cara yang ketiga Anda bisa menginstallnya tanpa melalui booting dengan DVD atau Flashdisk, yakni dengan cara mengekstraknya terlebih dahulu filenya kemudian klik dua kali pada wubi icon atau klik kanan pada mouse Anda dan klik run as administrator, setelah itu caranya sama seperti cara disini, namun tidak mendownload lagi karena filenya sudah ada pada komputer Anda. Setelah berhasil terinstall, nantinya pada awal Anda menghidupkan komputer Anda. Anda bisa memilih akan menggunakan Windows atau Ubuntu seperti pada gambar dibawah.
Pilih OS
Selamat mencoba menggunakan OS Ubuntu.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates