Wednesday, September 12, 2012

Mending Pakai Linux Daripada Pakai Windows Bajakan

Mending Pakai Linux Daripada Pakai Windows Bajakan

Apa Operating System (OS) yang Anda pakai saat ini? Windows-kah? Lalu apakah windows Anda Genuine (asli)? Syukur apabila asli karena mmm... Kebanyakan di kita masih menggunakan windows bajakan. OS windows memang paling familiar di Indonesia karena memang mudah digunakan. Hanya saja OS Windows merupakan software komersial yang dibuat Bill Gates dengan harga yang dapat dibilang tinggi bagi kebanyakan masyarakat kita. 
linux mint logo
Harga windows asli dipasaran Indonesia berkisar diatas Rp 1.000.000,- bandingkan dengan harga bajakan yang cuma Rp 50.000,- saja, memang terlalu tinggi perbedaannya. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih yang murah saja karena memang penggunaan windows bajakan dan asli hanya beda pada satu faktor saja. Perbedaannya hanya pada fasilitas update, jika pengguna asli bisa mengupdate otomatis (jika terhubung dengan internet) sehingga OS-nya bisa semakin bagus, maka pengguna bajakan tidak dapat mengupdate karena akan ketahuan.

Namun, memakai windows bajakan sebenarnya banyak kerugian. Salah satunya yaitu tadi, kita tidak dapat mengupdate OS-nya padahal teknologi itu berkembang dengan sangat cepat sehingga kita tidak akan memperoleh fitur-fitur terbaru dari windows. Selain itu, biasanya pada OS Windows bajakan sudah banyak virusnya. Saya sering menemukan orang yang sering menginstall ulang komputernya karena virus sudah menggrogoti OS-nya dengan hebat pada pengguna bajakan. Menginstall windows itu tidak sebentar, selain itu Anda harus menginstall ulang program-program lainnya yang sering Anda pakai. It’s just wasting your time!!

Lalu apa solusinya? Jika Anda keberatan untuk membeli Windows asli yang memang harganya mahal, lebih baik Anda menggunakan OS berbasis Open Source, yakni OS gratis dan juga legal seperti linux.

Linux sendiri menurut wikipedia adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice yang juga gratis dan selalu dikembangkan.

Kemudian keuntungan lainnya memakai linux ialah bebas akan virus. Kebanyakan orang yang memakai linux tidak menginstall program anti virus, kenapa? Karena orang yang bikin virus kebanyakan virusnya ditujukan untuk OS berbayar seperti windows agar ada perputaran uang disana. Orang yang memakai windows asli tidak mau donk jika OS mahal mereka terkena virus. Maka mereka pasti membeli program anti virus berbayar untuk melindunginya.

Jika Anda telah sangat familiar dengan OS windows dan berpindah ke Linux, pasti pertama-tama Anda agak pusing menggunakannya karena pengoperasiannya memang agak berbeda. Namun, lama-lama Anda pasti bisa familiar pada akhirnya jika sering mengoperasikannya. Tetapi ada orang yang enggan beralih ke Linux dikarenakan banyak program windows yang tidak dapat dioperasikan pada Linux. Menurut saya itu salah besar, semua program yang compatible dengan windows bisa juga digunakan pada Linux asal Anda tahu caranya. Apalagi jika Anda senang mengutak-atik software, dijamin Anda akan senang menggunakan Linux.

Lalu, OS Linux itu banyak versinya seperti Ubuntu, Kubuntu, Mandriva, dll. Jika Anda tertarik untuk berpindah dari windows bajakan ke OS Linux (open source), berikut di bawah ini adalah link yang ditujukan langsung  kepada situs resmi mereka. 


Referensi: Linux
Sumber gambar: Linux mint logo
Share This

3 comments:

  1. harga windows7 asli di Saudi lebih mahal dikit mas,sekitar 600 riyalan..atau setara kl.1,4 juta rupiahan..

    saya belum pakai asli nih hehe..
    iya aduh..jadi enggak bisa update..meskipun genuine..

    ditunggu tulisan berikutnya mas ,
    terima kasih bermanfaat

    salaman.

    ReplyDelete
  2. kan bisa di aktivasi via skype walaupun asli tapi tidak resmi bisa update deh oh yeah mau tanya
    kalo soal game support tidak di linux????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan sy game juga bisa, cuman cara penginstalannya biasanya ribet, hehe...

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates