Monday, September 3, 2012

Pemerahan Susu Sapi (Mesin atau Tradisional)

Pemerahan Susu Sapi (Mesin atau Tradisional)

Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Teknologi memberikan Anda kemudahan dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan hidup Anda. Begitu pula dengan dunia susu sapi atau ternak sapi, terdapat banyak teknologi yang dapat membantu Anda dalam merawat sapi Anda. Salah satu teknologi yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai  pemerahan susu sapi.
Mesin Pemerah Susu Sapi
Metode pemerahan susu sapi dahulu kala hanya dengan cara tradisional atau memerah dengan tangan sendiri. Namun sekarang para peternak sapi dapat menghasilkan susu dari sapinya selain memerah dengan tangan tapi juga terdapat alat modern yakni dengan menggunakan mesin pemerah susu.
Bagaimana Anda menggunakannya? Anda tinggal memasukan alat pemerah susu tersebut ke setiap puting sapi betina, lalu otomatis mesin itu menyedot susu sapi kemudian menampungnya di tempat penampungan dari mesin tersebut. Dengan alat ini susu sapi dapat Anda peroleh dengan sangat praktis. Anda dapat menghemat waktu karena prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional (memakai tangan) juga hasil perolehan liter susu sapi lebih banyak. Apabila menggunakan tangan, susu yang bisa diperoleh dari seekor sapi sehat bisa mencapai 8-9 liter. Namun, apabila menggunakan mesin bisa mencapai 11-12 liter. Selain itu, susu sapi yang dihasilkan lebih higienis apabila menggunakan mesin.
Memakai mesin memang sangat praktis, namun harga dari mesin pemerah susu itu tidaklah murah. Harganya sampai puluhan juta rupiah, antara Rp 15-40 juta bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Sehingga mesin tersebut tidaklah efektif bagi para peternak sapi kecil yang memiliki sapi dibawah sepuluh ekor. Selain itu, mesin tersebut juga pasti memerlukan perawatan dan perawatan tersebut pasti juga memerlukan biaya.
Jadi bagi Anda peternak sapi yang masih memiliki sapi dibawah sepuluh ekor, alangkah baiknya Anda tidak perlu membeli dulu mesin pemerah susu sapi. Jika sapi Anda sudah banyak dan Anda kewalahan dalam melakukan pemerahan susu sapi oleh sendiri, maka mesin pemerah tersebut perlu Anda dapatkan. Namun, tetap Anda harus memperhitungkan untung dan ruginya jika Anda berniat untuk membeli alat tersebut.
Sumber gambar: Cow milking machine
Share This

1 comment:

  1. semoga peternak dan petani kita semakin banyak mendapat untung.

    termasuk dengan bantuan teknologi.

    salam

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates