Thursday, October 4, 2012

Bagaimana Jika Google Tidak Tahu?

Bagaimana Jika Google Tidak Tahu?

Seperti yang sudah kita ketahui, sangat mudah sekali untuk mencari informasi melalui internet. Jika Anda sedang mencari informasi tentang sesuatu hal, Anda tinggal pergi ke mesin pencari favorit Anda misalnya Google dan mengetikkan kata kunci apa yang sedang ingin Anda cari, kemudian biasanya banyak sekali informasi yang sedang Anda cari muncul. Setelah itu, Anda tinggal membacanya dan menjadi tahu tentang informasi yang sebelumnya Anda tidak tahu.

Karena pada umumnya Anda bisa menemukan apa yang sedang Anda cari melalui Google, orang-orang menyebut Google dengan kata tambahan “mbah” didepannya – ‘Mbah Google’. Hal ini dikarenakan Google hampir mengetahui segala hal yang ada di dunia ini. 

Akan tetapi walaupun begitu, Google bukanlah Tuhan yang benar-benar Maha tahu segalanya. Ada kalanya Anda tidak dapat menemukan informasi spesifik yang Anda cari. Hal tersebut bisa dikarenakan belum ada orang yang menulis (mem-publish) informasi yang sedang Anda cari atau karena hal lainnya. Padahal Anda benar-benar membutuhkan informasi tersebut. Namun tenang saja, jika hal ini terjadi kepada Anda, Anda bisa menunggu informasi tersebut muncul di Google dikemudian hari.

Caranya Anda bisa menggunakan fasilitas Google Alerts. Dengan menggunakan fasilitas ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang Anda cari melalui email Anda. Anda tinggal menyetingnya sedikit, lalu Anda tinggal menunggu kiriman email oleh Google, jika telah ada informasi (telah ada orang yang mem-publish) mengenai kata kunci yang Anda cari, maka Google langsung memberitahukannya kepada Anda. Cara menyetingnya bisa Anda lihat dibawah ini (klik gambar untuk memperbesar).
Google Alerts - Seting
Pertama Anda masuk dulu ke Google Alerts-nya disini. Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini (klik gambar untuk memperbesar).
Ketikan apa yang kata kunci yang Anda cari pada tab kueri penelusuran. Pilih jenis hasil informasi apa yang Anda inginkan pada tab jenis hasil, Anda bisa pilih semua hasil, hanya berita, blog, video, diskusi atau buku. Pada tab seberapa sering, Anda bisa menyuruh Google untuk mengirimkan informasi tersebut sesuai yang Anda perintahkan, bisa ketika informasi itu muncul, sekali dalam sehari atau sekali dalam seminggu. Pada tab berapa banyak, Anda bisa menyuruh Google memberikan informasi tersebut hanya hasil yang terbaik (yang banyak dikunjungi orang) atau semua hasil. Kemudian masukan alamat email Anda dan klik tab BUAT LANSIRAN.

Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates