Saturday, November 10, 2012

Cara Menggunakan Google DNS

Cara Menggunakan Google DNS

Setiap orang yang memiliki koneksi internet (apapun itu providernya) pasti kecepatan dalam menjelajah situs adalah hal yang paling penting untuk mereka. Walaupun memang tidak dapat dipungkiri bahwa “biaya” adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kecepatan akses internet kita. Contohnya adalah jika Anda memiliki koneksi internet yang biasa saja dengan biaya biasa juga, maka Anda jangan berharap bisa mengakses situs-situs secepat kilat. Sebaliknya jika Anda memiliki koneksi yang super cepat dari provider ternama tentunya Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk jasa tersebut.

Namun, walaupun begitu banyak cara untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda (jika Anda menggunakan koneksi yang biasa saja seperti saya), salah satunya dengan mengganti DNS Anda. Apakah DNS itu? DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6). Anda bisa membaca lebih lengkap mengenai apa itu DNS melalui tautan wikipedia.

Terdapat banyak DNS publik gratis yang bisa Anda pakai untuk bisa membantu menambah kecepatan akses internet Anda dan salah satunya adalah DNS miliknya google. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk memakai DNS google jika Anda berniat untuk mengganti DNS default Anda saat ini. Mengapa? Karena selain bisa menambah akses kecepatan browsing internet Anda, juga dapat meningkatkan keamanan komputer Anda dari situs-situs yang mungkin bisa membahayakan komputer Anda. Selain itu, juga dikarenakan google merupakan mesin pencari terbesar dan saya yakin Anda adalah salah satu pemakai jasa google ketika mencari informasi yang Anda inginkan, oleh karena itu Anda bisa lebih memaksimalkan fasilitas google untuk mencari informasi yang Anda inginkan dan tentunya dengan lebih cepat dan lebih aman.

Lalu bagaimana cara Anda mengganti DNS default Anda sekarang dengan DNS publik google? Berikut saya tampilkan caranya dengan gambar (print screen) bagi Anda pengguna windows 7 (klik gambar untuk memperbesar):

Klik kanan pada gambar LAN di komputer Anda (gambar kotak seperti monitor)

1
Kemudian klik open network and sharing center.

2
Lalu akan muncul laman baru, klik pada local area connection 

3
Klik tab properties

4
Klik internet protocol version 4 (TCP/Ipv4)

5
Klik use the following DNS server addresses:

6
Kemudian isi dengan DNS google yang sangat mudah diingat yakni 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

7
Yang harus dijadikan catatan adalah bahwa DNS ini memang bisa menambah kecepatan koneksi internet Anda, namun tidaklah bertambah sangat cepat karena seperti yang saya sampaikan pada awal-awal paragraf jika Anda menginginkan koneksi yang super cepat, maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa jasa provider terbaik. Namun, setidaknya kecepatan koneksi internet Anda saat ini bisa lebih baik. Jika Anda ingin mempelajari lebih detail mengenai google DNS tersebut, Anda bisa mengaksesnya melalui laman dari google disini.

Foto kredit: DNS is sexy
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates