Thursday, December 6, 2012

Mudahnya Me-Reset Motherboard Komputer

Mudahnya Me-Reset Motherboard Komputer

Jika Anda sedang belajar mengotak-atik hardware komputer desktop terutama mengenai motherboardnya, atau ingin mencoba memperbaiki motherboard sendiri karena mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan dengan komputer Anda, salah satu caranya yakni dengan me-reset motherboard komputer Anda. Tapi, apakah Anda tahu bagaimana cara me-resetnya?

Jika belum tahu bagaimana cara me-resetnya, Anda telah berkunjung ke blog yang tepat. Disini saya akan memberitahu Anda bagaimana cara me-reset motherboard komputer Anda yang ternyata sangat mudah sekali.

Pertama-tama Anda cabut dulu semua kabel yang tersambung ke komputer Anda, kemudian Anda buka casing dari komputer Anda, lalu cari logam pipih bulat yakni batu batere motherboard yang berbentuk seperti batu batere jam tangan ukuran besar seperti pada gambar motherboard dibawah ini yang saya lingkari dengan warna hijau.
Ilustrasi Motherboard
Setelah itu Anda buka batu batere tersebut dengan cara memencet kaitannya dengan jari Anda atau jikalau tidak bisa dengan jari Anda, pencet dengan obeng daun (minus) yang kecil. Setelah itu, Anda diamkan selama kurang lebih 10 detik lalu masukan kembali batu batere tersebut ketempatnya dan Anda pun telah selesai me-reset motherboard Anda. Gimana, mudah sekali bukan.

Lokasi batu batere motherboard akan berbeda sesuai dengan tipe dan merk motherboard, terkadang dia tertutupi oleh VGA Card atau Sound Card Anda jika Anda memilikinya, maka cabutlah semua perangkat yang menempel pada motherboard Anda jika Anda kesulitan untuk menemukannya. Jika Anda orang yang pertama me-reset motherboard Anda, biasanya batu batere tersebut ditempeli oleh stiker garansi. Oleh karena itu, jika Anda yakin ingin me-reset komputer Anda sendiri, yakinkan bahwa garansi komputer Anda telah habis, karena jikalau garansinya belum habis, Anda tidak akan bisa mengklaim garansi Anda jika stiker tersebut sudah rusak karena Anda buka sendiri. Dengan kata lain, jika masih memiliki garansi dan Anda sebetulnya kurang paham mengenai hardware komputer, lebih baik Anda service dulu dengan mengklaim garansi yang masih berlaku. 

Share This

1 comment:

  1. Layar LCD laptop saya ada garis2 vertikal transparan gimana nih Mas..apakah LCD rusak atau apa..keluahn yang lain enggak ada..menyala seperti biasa..

    makasih..salam hangat..

    Awd Riyadh

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates