Sunday, January 6, 2013

Cara Tes Kecepatan Blog Anda

Cara Tes Kecepatan Blog Anda

Teknologi informasi semakin menggeliat dari waktu ke waktu, internet sebagai media informasi yang bisa dikatakan sangat hebat menurut saya, semakin berkembang dimana-mana termasuk di Indonesia. Saya kira apasaja bisa dilakukan dengan internet, saya pikir di era informasi seperti ini, sangat disayangkan apabila kita tidak bisa mengikuti perkembangannya. Kita harus bisa ikut terlibat dalam perkembangannya bukan hanya menjadi konsumen saja, tapi minimal bisa menjadi produsen dengan menulis pada sebuah blog.

Akan tetapi, jika Anda sudah melakukan hal tersebut, Anda pasti menginginkan agar blog Anda dapat dikunjungi oleh banyak pengunjung. Banyak cara yang dapat dilakukan, Anda dapat melihat cara-cara yang telah saya jelaskan pada laman sitemap pada bagian komputer dan internet. Untuk postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi cara bagaimana mengetahui kecepatan blog Anda pada saat dibuka/pada saat orang mengakses blog Anda.

Mengapa kecepatan? Karena kecepatan blog sangat berpengaruh bagi setiap orang yang sedang mencari informasi di internet. Banyak orang yang mencari suatu informasi di internet (biasanya melalui situs pencari terlebih dahulu seperti google, yahoo!, Bing, dll) mendapati banyak pilihan bacaan. Jika blog Anda terpilih namun ketika blog Anda diakses orang terbuka dengan sangat lambat, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menutup kembali blog Anda dan membuka blog lainnya yang memiliki informasi yang sama yang sedang dia cari.

Walaupun memang sebenarnya kecepatan dalam mengakses internet pada setiap orang pasti berbeda-beda tergantung dengan kecepatan penyedia jasa internet yang digunakannya. Namun kita harus berusaha semaksimal mungkin agar nilai kecepatan blog kita cukup tinggi. Tapi, bagaimana cara melakukan tes kecepatan pada blog kita?

Firebug
Salah satu caranya adalah dengan memasang fasilitas Firebug pada browser Firefox Anda. Firebug merupakan plugin extention yang bisa dipasang pada browser Firefox Anda (rekomendasi dari google) untuk melakukan berbagai hal yang dibutuhkan bagi pengembang blog atau website, salah satunya yaitu tadi dapat melakukan tes kecepatan blog kita. Download Firebugnya disini, kemudian pilih versi yang sesuai dengan edisi Firefox Anda. Klik download, maka terbuka jendela baru, lalu Anda klik tombol download. Firebug otomatis akan terpasang pada browser Firefox Anda.

Lalu bagaimana cara melakukan tes kecepatannya? Masih ada langkah berikutnya lagi, Anda pasang saja dulu Firebugnya. Saya akan menjelaskan langkah berikutnya pada postingan disini.

Foto kredit: Speed of Light
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates