Wednesday, January 9, 2013

Langkah Kedua Tes Kecepatan Blog

Langkah Kedua Tes Kecepatan Blog

Pada postingan sebelumnya saya menjelaskan bagaimana cara memasang Firebug pada browser Firefox Anda untuk kepentingan tes kecepatan blog disini, walaupun sebetulnya masih banyak kegunaan lain dari Firebug, jadi Anda tidak akan rugi jika memasang Firebug pada browser Firefox Anda. Namun, setelah Firebug terpasang pada Firefox Anda, masih ada langkah lainnya untuk mengaktifkan fungsi agar bisa mengecek kecepatan akses blog Anda atau kecepatan akses blog orang lain.

Langkah kedua adalah Anda harus membuka akun Google Webmaster Tools. Lalu, apakah Google Webmaster Tools itu? Google Webmaster Tools adalah data, alat dan diagnostik agar situs Anda lebih cocok dengan Google. Kemudian, mengapa harus menggunakan Google Webmaster Tools? Mengapa tidak menggunakan Webmaster Tools lainnya? Memang benar ada juga penyedia webmaster tools lainnya seperti dari Bing, namun saya merekomendasikan untuk memakai punyanya Google dikarenakan sebagian besar orang menggunakan Google sebagai mesin pencari untuk menemukan suatu informasi dari internet.

Bagaimana cara membuat akunnya? Mudah saja, jika Anda memiliki Email dari Google maka Anda sudah dapat mengakses akun Google Webmaster Tools (gratis), jika belum punya maka Anda tinggal membuat akun email di Google yakni Gmail. Ok, saya anggap Anda sudah memiliki akun Gmail, lalu Anda tinggal masuk ke link webmasternya disini. Kemudian klik tab “Masuklah ke layanan Alat Webmaster”.

Laman depan Google Webmaster Tools
Lalu masukan akun gmail beserta password Anda. Kemudian Anda akan masuk ke laman Google seting akun, biarkan saja. Setelah itu Anda buka kembali link Google Webmaster Tools di atas, maka secara otomatis Anda langsung masuk kehalaman Google Webmaster Tools. Selamat, sekarang Anda sudah memiliki akun pada Google Webmaster Tools.

Laman dalam Google Webmaster Tools
Saya sarankan Anda untuk menambahkan situs Anda pada isian “Tambahkan Situs” sehingga dikemudian hari Google dapat mendeteksi atau mendiagnosis masalah yang dimiliki oleh situs Anda jika ada. Tetapi, jika Anda menggunakan Blogger (Blog dari Google) maka otomatis blog Anda akan langsung masuk di Google Webmaster Tools. Lalu bagaimana cara tes kecepatan akses blog/situs Anda? Saya akan jelaskan lagi langkah berikutnya pada postingan selanjutnya disini.

Foto kredit: High Speed Photography- Up in The Air
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates