Friday, January 11, 2013

Langkah Terakhir Tes Kecepatan Blog

Langkah Terakhir Tes Kecepatan Blog

Pentingnya Kecepatan Blog
Akhirnya tiba juga saat-saat terakhir pengaplikasian Firebug dan Page Speed Google untuk mengetahui seberapa cepat blog kita diakses oleh pengunjung. Sebelumnya saya menjelaskan dua langkah awal disini dan disini. Tanpa berbasa-basi lagi, ini dia langkah berikutnya jika Anda sudah mengaktifkan akun Google Webmaster Tools seperti yang sudah saya terangkan dipostingan sebelumnya.

Buka atau klik URL blog Anda pada akun Google Webmaster Tools seperti berikut:

URL www.rudimenulis.com pada Google Webmaster Tools
Kemudian klik Lab > Kinerja Situs > PageSpeed Insight seperti berikut:

Dashboard rudimenulis.com pada Google Webmaster Tools
Kemudian klik PageSpeed Insight for Chrome and Firefox seperti berikut:

Klik link PageSpeed
Kemudian klik Install Firefox Extension, lalu muncul pop up window > klik Allow  seperti berikut ini:

Allow Page Speed
Kemudian muncul kembali pop up window (menanyakan apakah Anda benar-benar ingin meng-install PageSpeed), klik Install Now (tunggu download sebentar) seperti berikut:

Install now Page Speed
Kemudian pop up window muncul lagi menyuruh Anda untuk me-restart Firefox Anda agar ter-install seperti berikut:

Restart Firefox
Setelah di-restart, yang tadinya Firebug Anda tidak ada tombol Page Speed-nya seperti ini:

Firebug belum ada page speed
Menjadi ada tombol Page Speed-nya seperti ini:

Page speed terinstal
Untuk melakukan tes kecepatan, Anda tinggal meng-klik tombol Page Speed pada aplikasi Firebugnya (bisa tes website mana saja yang Anda kehendaki) lalu klik tombol Analyze. Pada contoh berikut, saya contohkan tes blog www.rudimenulis.com (blog ini) seperti berikut:

Page Speed rudimenulis
Anda dapat lihat pada gambar tersebut, skor tes adalah perbandingan 100. Blog saya ini memiliki kecepatan akses 95/100. Artinya dari nilai keseluruhan (100), blog ini memiliki kecepatan akses yang tinggi. Menurut pengalaman saya, website/blog yang memiliki nilai diatas 80/100 terhitung cepat. Jadi jika skor blog Anda diatas 80, maka Anda tidak perlu melakukan perbaikan lagi kecuali Anda ingin mendapatkan skor yang sempurna yakni 100.

Jika skor blog Anda kurang dari 80/100, maka saya sarankan Anda untuk memperbaiki kekurangannya. Kelebihan Page Speed dari Google ini, jika ada suatu hal yang kurang baik, dia kasih tanda bulat merah (fatal) dan segitiga oranye (sedang) seperti berikut:

Page Speed merah
Kelebihannya lagi, keterangannya tersebut dapat Anda klik, dimana link tersebut langsung menuju laman Google tentang bagaimana Anda harus memperbaiki masalah yang ada pada blog Anda tersebut. Hebat sekali bukan (gratis pula). Nikmati fasilitas tersebut sebelum Google menon-aktifkannya, karena Google memberikan keterangan bahwa Page Speed tersebut tanpa ada pengetahuan sebelumnya bisa saja ditiadakan.

Satu hal lagi, Anda dapat membuka aplikasi Firebug Anda dengan menekan tombol serangga pada kanan atas browser Firebug Anda seperti berikut:

Serangga Firebug
Foto kredit: Speed
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates