Tuesday, May 28, 2013

Menambah Berat Badan Cara Sehat

Menambah Berat Badan Cara Sehat

Pada postingan sebelumnya yang berjudul Penambah Berat Badan Alami, saya mencoba bertanya kepada para pengunjung rudimenulis bagaimana cara menambah berat badan secara alami dan sehat. Namun, dikarenakan belum ada yang berkomentar bagaimana cara menambah berat badan secara alami dan sehat pada postingan tersebut. Jadi saya mencoba mencari beberapa referensi dari internet (walaupun cara ini belum saya praktekan, tapi mungkin bisa Anda praktekan terlebih dahulu dan silahkan berkomentar pada postingan ini jika berhasil).
Sudah idealkah berat badan Anda?
Langsung saja, berikut adalah tips cara menambah berat badan secara alami dan sehat:
  • Makanlah makanan yang tinggi kalori contohnya roti gandum, kentang, kacang merah, unggas (bagian dada agar tidak banyak lemaknya), ikan dan daging merah tapi usahakan potongannya tanpa lemak (sapi bagian tenderloin atau kambing bagian dada) – hindari daging kalengan.
  • Tingkatkan nilai kalori pada makanan Anda seperti: menambahkan susu bubuk pada casserole (casserole adalah roti gandum, telur, keju yang dicampur dengan sayuran, ayam dan daging kemudian dipanggang), jika membuat sandwich tambahkan alpukat dan zaitun, tambahkan biji gandum ke sereal Anda, tambahkan daging cincang untuk saus pasta, dan sebagainya.
  • Makanlah secara teratur kalau bisa sehari tiga kali dan setidaknya makan cemilan dua kali sehari. Cemilannya bisa dari kacang-kacangan, buah-buahan atau jus semisal jus alpukat.
  • Tambah porsi normal Anda seperti menambah dua pisang dalam oatmeal Anda (oatmeal adalah bubur haver – masker dari biji-bijian semacam beras dan gandum).
  • Ketika ada pilihan, pilihlah makanan yang memiliki kalori lebih tinggi. Contoh: pilihlah jagung ketimbang kacang hijau karena jagung memiliki kalori yang lebih tinggi daripada kacang hijau.
  • Santai dalam menghadapi hidup, jangan selalu gelisah karena dengan gelisah banyak kalori Anda yang bisa terbakar.
  • Berolahragalah secara teratur, misal tambahkan program latihan angkat berat (fitnes) karena dapat membantu membangun massa otot.
  • Seimbangkan asupan kalori Anda dengan kalori yang terbakar. Anda harus lebih memberikan asupan kalori kepada tubuh Anda dibandingkan dengan membakarnya.
Referensi: How to gain weight dan dari berbagai sumber lainnya
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates