Thursday, June 27, 2013

Bangganya Memiliki Jamur Merang

Bangganya Memiliki Jamur Merang

Bangganya memiliki jamur merang, mengapa bangga? Ya, saya pribadi bangga bahwa jamur merang dapat tumbuh bagus di Indonesia (dapat dibudidayakan di Indonesia). Jamur merang hanya tumbuh di negara beriklim tropis seperti di Indonesia dan dikebanyakan negara Asia Tenggara serta Cina Selatan, sehingga kita bisa menikmati kelezatan jamur merang segar.

Jamur merang segar tidak dapat ditemui di negara barat seperti Amerika atau Eropa. Disana jamur merang hanya dapat ditemui dalam bentuk kemasan yang sudah dikeringkan atau kaleng yang sebagian besar diimpor dari Cina. Di Amerika Selatan jamur merang pernah dibudidayakan namun sampai saat ini belum berhasil.
Jamur Merang
Asal Nama Jamur Merang

Jamur merang dalam bahasa Inggris disebut “Paddy Straw Mushroom”. “Paddy Straw” adalah jerami padi sedangkan “Mushroom” adalah jamur. Dikarenakan jamur merang tumbuh pada media jerami padi, sehingga oleh orang barat dinamakan “Paddy Straw Mushroom”  atau secara bebas bila diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah jamur yang tumbuh pada jerami padi. Secara lebih sederhana mereka hanya menyebutnya “Straw Mushroom” atau jamur yang tumbuh pada jerami dan kita mengenalnya dengan sebutan jamur merang.

Sedangkan kita mengenalnya dengan sebutan jamur merang dikarenakan habitatnya yang tumbuh subur diatas tumpukan jerami sehingga disebut merang.

Prospek Bisnis Jamur Merang

Bagaimana dengan prospek bisnis jamur merang ini? Baik sebagai petani yang membudidayakannya atau pun sebagai pengepul (broker yang mengambil jamur merang dari petani dan menjualnya ke pasar/lainnya).

Tentunya prospeknya sangat cerah, disamping rasanya yang enak (mirip daging) pengolahannya pun bisa dibuat untuk berbagai racikan masakan. Kandungan mineralnya pun sangat tinggi bahkan melebihi kandungan mineral yang dimiliki daging sapi dan juga kambing. Oleh karena itu, jamur merang ini digemari oleh masyarakat.
Jamur Merang Yang Sudah Dikeringkan
Apalagi jika bisa melakukan ekspor ke luar negeri seperti ke Amerika atau Eropa. Seperti yang telah saya tulis di atas. Jamur merang ini belum berhasil dibudidayakan oleh masyarakat barat, sehingga peluang pasarnya masih sangat terbuka lebar.

*dari berbagai sumber

Foto kredit:
Market: StrawMushrooms
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates