Wednesday, June 12, 2013

Gunakan Kalkulator Ini Untuk Mengetahui Apakah Tinggi dan Berat Badan Anda Sudah Ideal?

Gunakan Kalkulator Ini Untuk Mengetahui Apakah Tinggi dan Berat Badan Anda Sudah Ideal?

Pada postingan sebelumnya disini saya mencoba menghitung apakah tinggi dan berat badan saya sudah ideal atau belum? Perhitungan yang saya gunakan waktu itu adalah rumus tinggi dan berat badan yang pernah saya tahu waktu saya sekolah dibangku tingkat SLTP. Dengan perhitungan tersebut diketahui bahwa berat badan saya kurang 1 kg untuk mencapai berat badan ideal sesuai tinggi badan saya.

Namun, setelah saya melakukan pencarian lagi melalui mbah Google, bagaimana cara menghitung tinggi dan berat badan ideal? Saya menemukan bahwa ada cara perhitungan dengan rumus BMI (Body Mass Index) atau dalam bahasa Indonesia adalah Indeks massa tubuh. Pada Wikipedia Indeks massa tubuh (IMT), atau indeks Quetelet, merupakan proksi heuristik untuk lemak tubuh manusia berdasarkan berat badan seseorang dan tinggi. IMT tidak benar-benar mengukur persentase lemak tubuh. Itu ditemukan antara tahun 1830 dan 1850 oleh polymath asal Belgia Adolphe Quetelet selama pengembangan "fisika sosial".
Sudah idealkah berat badan Anda?
Formula IMT ini telah dijadikan standar alat diagnosa untuk mengetahui seseorang apakah berat badannya terlalu kurus, kurus, normal, atau gemuk dengan perbandingan tinggi badannya yang ditetapkan oleh WHO. Akan tetapi di Asia nilai IMT yang berlaku berbeda dengan nilai IMT di negara Barat.

Lalu bagaimana cara perhitungan IMT ini? Berapa nilai IMT yang ditetapkan di Asia untuk mengetahui seseorang badannya terlalu kurus, kurus, normal atau gemuk? Anda tidak usah bingung untuk melakukan penghitungan karena Anda bisa langsung mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal dengan tinggi badan Anda saat ini. Ya, Anda tinggal memasukan data tinggi badan dan berat badan Anda saat ini melalui kalkulator ukuran berat badan ideal disini.

Tinggi saya 172 cm dan berat badan saat ini 64 kg. Setelah saya menggunakan kalkulator tersebut, diketahui bahwa nilai IMT atau BMI saya adalah 21,63 dengan pengertian bahwa berat badan saya normal dan ideal. Lalu bagaimana dengan Anda? Silahkan cek sendiri menggunakan kalkulator tersebut.

Foto kredit: Been there, done that
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates