Thursday, July 11, 2013

Jamur Tiram Putih Tetap Menjadi Primadona

Jamur Tiram Putih Tetap Menjadi Primadona

Pada postingan-postingan sebelumnya saya selalu tidak bosan memberikan gambaran bahwa berbisnis/budidaya jamur tiram memiliki prospek yang cerah. Mungkin Anda bertanya mengapa saya membuat judul “Jamur Tiram Putih Tetap Menjadi Primadona”. Dari segi tipe jamur, memang jamur tiram merupakan salah satu tipe jamur yang banyak dicari oleh konsumen. Dikarenakan harganya yang dapat dibilang tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, rasanya yang enak dan dapat dijadikan kedalam berbagai aneka olahan makanan serta memiliki manfaat dan kandungan gizi yang luar biasa.

Saya membuat judul “Jamur Tiram Putih Tetap Menjadi Primadona” dikarenakan jamur tiram ini sebenarnya memiliki aneka warna. Jika Anda belum tahu, sebenarnya jamur tiram ini selain warna putih, bisa juga dibuat menjadi jamur tiram biru, jamur tiram cokelat, jamur tiram merah, jamur tiram abu-abu dan jamur tiram kuning.

Jamur Tiram Putih
Awal mula jamur tiram warna ini ditemukan oleh Dr. Anton A.M. Sonnenberg (lihat sumber), ahli Bioteknologi di Mushroom Research Unit, Belanda yang telah menyilangkan antar spesiesnya sehingga menghasilkan warna jamur tiram yang beragam yang telah saya sebutkan pada paragraf sebelumnya.

Hanya saja khususnya di daerah saya (Bandung) jamur tiram berwarna ini kurang diminati. Memang pada awal-awal kemunculannya jamur tiram berwarna ini memiliki nilai jual harga yang berbeda dengan jamur tiram putih atau jauh lebih mahal dibandingkan jamur tiram putih. Namun mengapa  kurang laku dipasaran?

Saya belum menemukan fakta atau data yang akurat mengapa jamur tiram berwarna ini kurang laku dipasaran. Tetapi, saya berasumsi mungkin dikarenakan masyarakat kita takut untuk mengkonsumsinya. Ya, karena dalam keluarga jamur, terdapat jamur yang tidak dapat dimakan atau jamur beracun dan biasanya jenis jamur beracun memiliki warna yang cerah selain putih. Jadi mungkin konsumen ragu untuk membeli jamur tiram berwarna karena takut mengandung racun.

Walaupun ini hanyalah asumsi yang saya buat mengapa jamur tiram berwarna kurang laku dipasaran. Akan tetapi, saya perlu memberi tahu bagi Anda yang belum tahu tentang keberadaan jamur tiram berwarna ini. Ya, jamur tiram berwarna ini tidak beracun dan dapat dikonsumsi layaknya jamur tiram putih.


Klik Katalog Jamur Tiram untuk melihat harga produk bibit dan jamur tiram kami.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates