Thursday, July 25, 2013

Partner Jasa Pengiriman Tipe Empat

Partner Jasa Pengiriman Tipe Empat

Inilah partner jasa pengiriman saya yang berikutnya atau tipe yang keempat yakni PT. Swa Buana Pratama. PT. Swa Buana Pratama merupakan jasa pengiriman cargo domestik (pengiriman melalui pesawat udara dari bandara asal ke bandara tujuan atau door to door). Barang yang dapat dikirim melalui perusahaan cargo ini adalah hampir segala barang termasuk tumbuhan atau hewan kecuali cairan aerosol atau yang mudah terbakar.

Ilustrasi pelepasan cargo
PT. Swa Buana Pratama melayani paket kiriman menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air dan Air Asia dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (khusus wilayah Bandung). Pengiriman melalui Garuda Indonesia kebanyakan melalui Bandara Soekarno – Hatta (Cengkareng) walaupun ada beberapa yang dari Bandung.

Adapun rute pesawat berdasarkan maskapai penerbangan yang melayani paket kiriman cargo yang bekerjasama dengan PT. Swa Buana Pratama adalah sebagai berikut:

Garuda Indonesia penerbangan pagi: Balikpapan, Banda Aceh, Banjarmasin, Batam, Biak, Denpasar, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makasar, Manado, Mataram, Medan, Malang, Padang, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekan Baru, Pontianak, Palangkaraya, Semarang, Solo, Surabaya, Tanjung Karang, Ternate, Timika dan Yogyakarta.

Garuda Indonesia penerbangan siang: Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Banjarmasin, Batam,  Denpasar, Jambi, Kupang, Makasar, Manado, Mataram, Medan, Malang, Padang, Palembang, Pekan Baru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Tanjung Karang dan Yogyakarta.

Sriwijaya CGK: Pangkal Pinang, Ternate, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan, Luwuk, Merouke, Manokwari, Sorong, Berau.

Lion Air: Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makasar, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekan Baru, Pontianak, Palangkaraya, Semarang, Solo, Surabaya, Tanjung Karang, Ternate, Tanjung Pinang, Tarakan dan Sorong.

Air Asia: Denpasar, Makasar, Medan, Pekanbaru dan Surabaya.

Bagaimana sistem pengiriman melalui cargo?

Biaya dihitung per-kg untuk paket yang memiliki berat dan volume standar. Maksudnya adalah bukan paket seperti bunga, apabila paketnya adalah bunga, maka biaya dihitung dengan menggunakan perhitungan volume media kirim dikarenakan paket seperti bunga beratnya ringan namun menghabiskan tempat (besar).

Paket akan dikenakan biaya tambahan sebesar 50% jika paket berupa tumbuhan atau hewan yang memerlukan perlakuan khusus contoh: bibit jamur tiram dan bunga termasuk kedalamnya. Juga akan dikenakan biaya tambahan lainnya yakni biaya karantina.

Untuk barang pecah belah seperti bibit jamur tiram (botol) akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk pembuatan peti kemas – agar tidak pecah.

Setiap paket kiriman akan ditambah biaya administrasi sebesar Rp. 15.000,- Paket kiriman dapat diambil melalui bandara yang ada di kota Anda. Door to door (paket diantar sampai alamat) bisa dilakukan apabila alamat Anda masih dalam kota, namun terdapat biaya tambahan.

Secara kesimpulan paket cargo ini cocok untuk pengiriman dalam jumlah besar untuk tujuan yang jauh (antar pulau) dan menginginkan kecepatan - biasanya satu hari sudah tiba di bandara tujuan.

Foto kredit: Unloading cargo pallets
Share This

2 comments:

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates