Saturday, August 3, 2013

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Jamur Tiram

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis Jamur Tiram

Dari Wikipedia didapat bahwa:
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.
Jamur tiram dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti keripik jamur, crispysteak, nugget, sate, abon dan olahan lainnya. Oleh karena itu jamur tiram memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi terlebih apabila di luar Pulau Jawa, karena sentra jamur tiram saat ini masih berada di Jawa Barat seperti di Kabupaten Bandung Barat (Cisarua, Lembang, Ciwidey, Pangalengan), Bogor, Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, dan sekitarnya.

Jamur tiram tumbuh pada media yang disebut dengan “baglog”. Baglog ini merupakan media terakhir dalam proses pembudidayaan yang lumayan bisa dikatakan rumit. Apabila baglog ini telah jadi (sudah pada tahapan inokulasi), petani biasanya khawatir akan keberhasilannya. Apabila baglog berubah menjadi warna putih, berarti proses pembudidayaan berhasil dan tinggal menunggu jamur tiram tumbuh (miselium berhasil keluar). Namun apabila baglog berubah menjadi hijau, berarti prosesnya gagal dan jamur pun tidak akan tumbuh.

Itulah resiko terbesar bagi Anda yang ingin memulai bisnis jamur tiram dengan cara membudidayakannya sendiri. Lalu bagaimana cara meminimalisir resiko kegagalan bisnis jamur tiram tersebut?

Untuk meminimalisir resiko kegagalan tersebut bisa dengan cara membeli baglog jamur tiram siap panen sehingga tidak akan ada resiko kegagalan. Namun, memang profit yang didapat tidak sebesar apabila melakukan proses pembudidayaan sendiri dari awal (proses pengukusan sendiri).

Klik Katalog Jamur Tiram untuk melihat produk jamur tiram yang kami miliki.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates