Wednesday, August 7, 2013

Cara Buat Jamur Tiram Bagian 4

Cara Buat Jamur Tiram Bagian 4

Berikut adalah langkah keempat dalam rangkaian cara buat jamur tiram dengan melakukan segala proses hingga tumbuh jamur tiramnya oleh sendiri.

Jika Anda telah membaca langkah ketiga cara buat jamur tiram pada postingan sebelumnya, maka setelah itu Anda harus membuat bibit F2 jamur tiram sebelum Anda bisa menumbuhkan atau memanen jamur tiram.

Apa itu bibit F2 jamur tiram? Bibit F2 jamur tiram merupakan bibit turunan dari F1 jamur tiram yang biasanya menggunakan bahan murni jagung pipil, jagung pecah, sorgum atau campuran ketiga bahan tersebut ditambah serbuk gergaji (bubuk kayu).

Sebetulnya Anda sudah bisa membuat jamur tiram dengan melakukan olahan F1 menjadi media baglog, hanya saja langkah itu kurang bijak. Mengapa saya katakan kurang bijak? Ya, walaupun memang bibit F1 jamur tiram memiliki miselium yang lebih kuat dibanding dengan F2 jamur tiram, akan tetapi harganya jauh lebih mahal sehingga biaya produksi jamur tiram Anda akan terbilang mahal.

Hal tersebut sebetulnya tidak jadi masalah jika pada akhirnya jamur Anda bisa dijual dengan harga tinggi, sehingga biaya produksi yang mahal tersebut bisa tertutupi. Namun, lebih bijak jika Anda membuatnya melalui bibit F2. Hal ini dikarenakan bibit F2 pun memiliki miselium yang masih kuat, sehingga produksi jamur tiram Anda bisa dihasilkan dengan baik serta biaya produksi yang lebih murah.

Dikatakan lebih murah karena dari 1 botol F2 tersebut bisa diturunkan ke media baglog sebanyak 20 baglog ukuran 20x35 cm atau menjadi 17 baglog ukuran 22x35 cm. Sedangkan 1 botol F1 eks saus bisa menjadi 30 botol eks saus F2.

Silahkan bandingkan harga bibit F1 dan F2 dengan mengklik Katalog Jamur Tiram, sehingga Anda akan tahu bahwa bibit F2 jamur tiram merupakan pilihan yang tepat dan bijak untuk dijadikan baglog jamur tiram.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates