Tuesday, August 13, 2013

Cara Pembuatan Jamur Tiram Bagian 5

Cara Pembuatan Jamur Tiram Bagian 5

Berikut adalah langkah kelima (langkah terakhir) dalam rangkaian cara pembuatan jamur tiram dengan melakukan segala prosesnya hingga tumbuh jamur tiramnya oleh sendiri.

Jika Anda telah membaca langkah keempat cara pembuatan jamur tiram pada postingan sebelumnya, maka setelah itu Anda harus membuat baglog jamur tiram yakni media akhir agar jamur tiram bisa tumbuh dan menghasilkan keuntungan bagi Anda.
Baglog Jamur Tiram Siap Panen
Ya, seperti yang saya tulis pada postingan sebelumnya, baglog bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama seperti serbuk kayu (serbuk gergaji), dedak, tepung jagung, kapur dolomite dan bibit F2 atau F3 jamur tiram.

Mengenai masalah bibit, ya baglog bisa dibuat dari bibit F3 jamur tiram dengan keuntungan proses produksi yang lebih murah jika dibandingkan dengan F2. Namun, resiko kegagalan lebih besar jika dibanding menggunakan F2 karena F3 jamur tiram miseliumnya tidak sekuat F2. Sehingga dikhawatirkan tingkat kegagalan proses produksi semakin besar dan atau hasil panen kurang maksimal.

Namun, alangkah bagusnya jika Anda bisa berhasil membuat baglog dari bibit F3 dan perawatan ketika baglog sudah jadi bagus sehingga hasil panen pun bagus. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan keuntungan yang lebih besar bagi Anda, yakni modal kecil tetapi keuntungan besar.

Jika Anda adalah pelaku baru dibidang budidaya jamur tiram, lebih baik Anda membuat baglog dengan menggunakan bibit F2, tetapi jika Anda sudah mahir dan tahu betul seluk beluk pembuatan jamur tiram, mungkin F3 lebih cocok untuk Anda – walaupun begitu resiko kegagalan selalu ada. Namanya usaha (entrepreneur) hanya ada dua kemungkinan, kalau tidak untung ya rugi.

Tetapi, sebenarnya Anda bisa melakukan budidaya jamur tiram tanpa resiko yakni dengan membeli baglog siap panen (baglog dengan miselium 100%). Hanya saja keuntungan yang didapat jika Anda membeli baglog siap panen tipis, sehingga Anda harus membeli baglog dalam jumlah besar yang otomatis modal pun harus keluar besar. Pilihan ada ditangan Anda – silahkan klik Katalog Jamur Tiram untuk melihat produk jamur tiram kami.  
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates