Thursday, August 29, 2013

Salah Satu Aspek Yang Diperlukan Pada Proposal Jamur Tiram

Salah Satu Aspek Yang Diperlukan Pada Proposal Jamur Tiram

Apabila Anda ingin mengajukan bantuan dana usaha budidaya jamur tiram baik kepihak pemerintah, swasta atau perorangan, serta baik itu sebagai modal awal atau untuk pengembangan usaha jamur tiram Anda. Maka Anda wajib membuat proposal jamur tiram.

Untuk meyakinkan pihak sponsor (calon pemberi dana), Anda harus bisa membuat proposal jamur tiram seaktual dan sekongkrit mungkin khususnya terhadap data-data yang berkaitan dengan usaha jamur tiram. Dan salah satu aspek penting yang diperlukan pada proposal jamur tiram adalah dengan memberikan data-data akurat mengenai pasar jamur tiram putih.

Data pasar sangat diperlukan pada proposal jamur tiram, sehingga pihak calon sponsor bisa melihat prospek usaha Anda seperti apa. Untuk mencari data pasar tentang jamur tiram, contoh tulisan saya mengenai pasar jamur tiram dibawah ini mungkin bisa dijadikan acuan atau inspirasi bagi pembuatan proposal jamur tiram Anda.

Market/Pasar Jamur Tiram Putih

Kebutuhan akan jamur tiram sangat tinggi, dikarenakan jamur tiram merupakan sayuran yang bisa dijadikan berbagai macam aneka olahan makanan. Dalam situs berbisnisjamur.com: “.......... kebutuhan pasar jamur pada tahun 2015 diperkirakan sekitar 17.500 ton dan saat ini baru terpenuhi 13.825 ton pertahun”. Dari sana dapat disimpulkan bahwa peluang untuk membudidayakan jamur tiram masih sangat terbuka lebar.
Masyarakat Indonesia saat ini semakin melek dengan teknologi informasi seperti internet. Dari internet pun dapat diketahui gambaran mengenai pasar jamur tiram seperti berikut:

GAMBAR 1
RATA-RATA PENCARI KATA JAMUR TIRAM
Sumber: Google Adwords: Keyword Tool, April 2013

Gambar tersebut diambil dari fasilitas google untuk mengetahui berapa banyak rata-rata pencari kata kunci “jamur tiram” melalui search engine google. Fasilitas ini saya pakai dikarenakan google masih menjadi search engine terpopuler saat ini. Dari gambar tersebut diketahui bahwa rata-rata kata kunci “jamur tiram” diketikkan sebanyak 60.500 kali/bulannya di Indonesia (Lihat local monthly searches). Jumlah tersebut dapat dikatakan terbilang banyak. Ini hanya dari google saja, jumlah tersebut bisa bertambah apabila terdapat data dari search engine lainnya seperti Bing, Yahoo!, Aol, Ask, dll.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses dengan proposal jamur tiram yang akan Anda buat. Silahkan klik link Katalog Jamur Tiram untuk melihat berbagai macam produk jamur tiram yang kami miliki.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates