Monday, August 19, 2013

Tentang Ikan Lele

Tentang Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan yang hidupnya di air tawar bukan di laut (air asin). Dalam bahasa Inggris ikan lele adalah Catfish. Jika didefinisikan kedalam bahasa Indonesia secara bebas Cat yakni kucing dan Fish yakni ikan maka artinya adalah ikan kucing. Mungkin disebut ikan kucing (Catfish) karena ikan lele memiliki kumis yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Kemudian ciri-ciri fisik tubuhnya yang lain ialah licin dan agak pipih memanjang.
Ikan Lele Dumbo
Ikan lele merupakan ikan yang kuat karena bisa bertahan dalam kondisi seperti apa pun. Dalam air jernih, air kotor bahkan dalam comberan pun ikan lele dapat bertahan hidup, juga memiliki kemampuan untuk tetap hidup dan bergerak diluar air.

Bagi orang yang hobi memancing, jika ingin memancing ikan lele, saya sarankan untuk memancingnya diwaktu malam hari, mengapa demikian? Dikarenakan ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Walaupun tidak jarang juga pada siang hari pemancing bisa mendapatkan ikan lele. Namun, biasanya pada siang hari ikan ini kebanyakan berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap.

Ikan lele sangat sedap untuk dikonsumsi, contohnya untuk dijadikan makanan pecel lele. Namun, banyak juga yang tidak mau memakan ikan lele karena ikan ini memiliki citra sebagai ikan yang hidup dalam perairan kotor, sehingga sebagian orang merasa jijik untuk mengkonsumsinya. Ya, memang ikan ini banyak yang hidup dalam perairan kotor karena sebenarnya ikan ini memiliki kegunaan untuk menjaga kualitas air yang tercemar, bahkan kadang sengaja ditaruh diperairan yang sudah tercemar untuk menghilangkan kotoran-kotoran. Walaupun begitu lele yang hidup didalam perairan yang tercemar masih aman dikonsumsi dengan cara diberok terlebih dahulu.

Diberok adalah cara untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang terdapat pada ikan lele, caranya sederhana saja, sebelum dikonsumsi, ikan lele tersebut harus dipelihara didalam air bersih yang mengalir selama beberapa hari. Jadi apakah Anda termasuk orang yang menyukai ikan lele atau yang membencinya?

Foto kredit: Lele Dumbo
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates