Thursday, September 26, 2013

Olah Raga Futsal Di Malam Hari, Baguskah?

Olah Raga Futsal Di Malam Hari, Baguskah?

Siapa yang tidak kenal dengan olah raga futsal? Ya, futsal merupakan salah satu cabang olah raga populer yang sering dilakukan oleh masyarakat kita. Futsal adalah miniatur sepakbola, peraturannya sangat mirip dengan sepakbola. Hanya jumlah orangnya lebih sedikit yakni 5 orang (1 orang sebagai penjaga gawang) dan dimainkan oleh dua tim.

Yang namanya olah raga, apapun itu biasanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu pun dengan olah raga futsal, olah raga ini dapat membantu membakar lemak dan gula didalam tubuh kita. Namun bagaimana jika kita sering melakukan olah raga ini pada malam hari, baguskah?

Ada yang mengatakan tidak baik karena malam hari udara dipenuhi oleh karbon dioksida (CO2) yakni gas yang dikeluarkan oleh tumbuhan yang tidak baik jika dihirup oleh manusia. Benarkah begitu?

Sepertinya alasan tersebut belum tepat, karena biasanya orang melakukan olah raga futsal dalam ruangan tertutup (indoor) dimana tidak terdapat pepohonan dan jika melakukan futsalnya dalam ruangan terbuka, kadar CO2 yang dikeluarkan oleh tumbuhan sangat sedikit bahkan dianggap kecil oleh manusia.

Dengan begitu apakah artinya olah raga futsal pada malam hari itu bagus?

Setelah membaca literatur sana-sini dari mbah google, jawabannya adalah tergantung dari kondisi seseorang ketika akan bermain futsal pada malam hari. Jika orangnya sudah terbiasa melakukan olah raga ini pada malam hari, maka tidak ada kekhawatiran baginya. Namun, harus diketahui juga bahwa jika kondisi seseorang sedang dalam keadaan letih akibat pekerjaan yang dilakukannya di siang hari, lebih baik tidak memaksakan untuk melakukan olah raga ini. Jadi bermain futsal pada malam hari tetap bagus bagi kesehatan asalkan kondisi badan kita sedang tidak letih akibat menjalani aktivitas di siang hari.

Bermain futsal sepulang kerja juga tidak apa-apa asalkan kondisi badan Anda masih prima. Yang terpenting adalah Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain futsal seperti berlari-lari kecil. Karena apabila tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu yakni langsung berlari keras mengejar bola atau lawan, apalagi tubuh tidak terbiasa melakukan ini, dapat mengakibatkan kejutan-kejutan yang mempengaruhi jantung karena adanya pemaksaan.

Jadi kesimpulannya adalah olah raga futsal di malam hari tetap bagus bagi tubuh Anda asalkan Anda memperhatikan hal-hal di atas. Namun perlu diperhatikan juga bermainnya jangan terlalu malam sekali semisal diatas jam 10 malam. Karena pada waktu tersebut adalah waktunya tubuh Anda beristirahat (tidur).

Referensi: Dari berbagai sumber

Foto kredit: Futsal night lights
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates