Monday, September 2, 2013

Tips Agar Tidak Malas Melakukan Olahraga Pagi

Tips Agar Tidak Malas Melakukan Olahraga Pagi

Bagaimana caranya agar kita bisa melakukan olahraga pagi? Olahraga pagi memang sangat berat dilakukan oleh sebagian atau sebagian besar orang dibanding dengan olahraga sore atau malam. Mengapa? Tidak lain dan tidak bukan karena pagi hari waktunya kebanyakan orang berangkat untuk pergi kerja atau sekolah, oleh karena itu kesempatan untuk melakukan olahraga pagi menjadi susah.

Bagaimana dengan hari libur? Terkadang kebanyakan orang kita masih susah melakukan olahraga pagi walaupun itu adalah hari libur. Ya, kebanyakan mereka lebih tertarik untuk menarik selimut lagi dihari libur pada pagi hari ketimbang melakukan olahraga (termasuk saya). Hal ini dikarenakan lelahnya rutinitas yang selalu dilakukan pada hari-hari biasa. Oleh karena itu, tulisan bagaimana agar bisa olahraga pagi yang saya buat ini didedikasikan khusus untuk saya pribadi dan juga untuk orang-orang yang kesulitan untuk melakukan olahraga pagi. Simak tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber dibawah ini.

Seperti lagu yang tenar dibawakan oleh Bang Haji Rhoma Irama “Begadang jangan begadang bila tiada artinya”. Ya, jika tiada artinya lebih baik Anda jangan tidur hingga larut malam agar Anda dapat bangun dipagi hari. Sebetulnya jika Anda banyak kerjaan pun, lebih baik tidur cepat dan lakukan pekerjaaan Anda pada pukul tiga dini hari misalnya. Hal ini sebenarnya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Salallahu’alaihi Wasallam. Beliau selalu langsung tidur setelah shalat Isya kecuali ada hal penting yang harus dilakukan berkaitan dengan umat dan bangun diseperempat malam dan tidak tidur lagi setelahnya.

Namun, terkadang tidur lebih awal pun masih susah untuk bangun dipagi hari walaupun jam tidurnya dapat dikatakan cukup bahkan lebih. Untuk itu tekadkan niat yang bulat untuk bangun tidur dipagi hari dan jangan lupa pasang alarm, alarm sebaiknya disimpan jauh dari tempat tidur Anda dan seting dengan bunyi paling keras. Hal ini agar Anda keluar dari tempat tidur Anda untuk mematikan alarm, jika perlu aktifkan banyak alarm dan pasang ditempat yang berbeda-beda, serta jangan pernah meletakkan diri lagi ke kasur jika Anda sudah beranjak darinya.

Jika Anda telah berhasil bangun dipagi hari, sebelum melakukan olahraga pagi ada baiknya Anda minum air putih dan sarapan dulu. Sarapannya yang ringan-ringan saja, buah-buahan adalah yang paling direkomendasikan dan pisang adalah salah satu yang terbaik agar Anda memperoleh energi untuk melakukan olahraga pagi.

Jika tempat Anda merupakan wilayah yang dingin terlebih jika pagi hari, pakailah pakaian tertutup dan menghangatkan seperti sweater sehingga bisa membuat Anda mudah berkeringat. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum Anda berolahraga agar otot-otot Anda tidak terkejut dan tidak mengalami keram ketika melakukan olahraga. Okey, semoga bermanfaat dan selamat berolahraga pagi.

Foto kredit: Morning Exercises
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates