Monday, November 25, 2013

Cara Irit Melakukan Travelling ke Luar Negeri

Cara Irit Melakukan Travelling ke Luar Negeri

Jika Anda benar-benar mencintai travelling tetapi tidak memiliki banyak uang untuk melakukan travelling apalagi ke luar negeri, Anda dapat mempertimbangkan tips saya pada artikel yang berjudul cara irit melakukan travelling ini:

Biaya paling mahal jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri adalah tiket pesawat. Namun, sebenarnya Anda bisa mendapatkan tiket pesawat gratis jika Anda memiliki kesabaran dan keinginan yang besar pada diri Anda sendiri untuk melakukan travelling ke luar negeri.

Karena ada beberapa perusahaan penerbangan yang sering memberikan diskon besar seperti AirAsia. Sebagai contoh, ada teman saya yang mendapatkan tiket gratis ke Thailand dari Indonesia. Apa? Tiket gratis Indonesia - Thailand?

Ya benar, dia mendapatkan tiket dari situs resmi AirAsia pulang pergi Indonesia – Thailand, Thailand – Indonesia. Mengapa bisa demikian? Maksudnya, apakah perusahaan maskapai penerbangan tersebut tidak rugi?

Ya, ternyata kadang-kadang mereka memberikan promosi online dari situs web mereka seperti tiket gratis pulang-pergi ke negara lain dari negara asal mereka. Namun promosi tersebut biasanya hanya tayang beberapa menit dan dipenghujung malam (dini hari), sehingga Anda harus memeriksa sesering mungkin situs web mereka.

Juga jika Anda beruntung bisa mendapatkannya, biasanya Anda harus menunggu selama sekitar satu tahun untuk keberangkatan Anda. Ya, yang namanya gratis itu tidak mudah, Anda benar-benar membutuhkan kesabaran yang besar, tapi saya pikir itu sebabnya mereka berani memberikan tiket gratis atau diskon besar hingga mencapai hampir 90%.

Tapi saya pikir maskapai lain melakukan hal yang sama tetapi mungkin berbeda metode, seperti membuat kuis atau hanya berlangganan email promosi mereka untuk mendapatkan tiket gratis. Untuk itu Anda harus sangat rajin mencari promo-promo tersebut dari perusahaan-perusahaan maskapai penerbangan. Jika ada keinginan pasti ada jalan!

Biaya paling mahal lainnya jika Anda bepergian ke luar negeri adalah biaya penginapan. Namun, sama halnya dengan tiket yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma, Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan akomodasi gratis.

Ya, terdapat situs web seperti hospitalityclub.org atau couchsurfing.org yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan akomodasi gratis. Kedua website tersebut merupakan komunitas online untuk mendapatkan akomodasi gratis terbesar di dunia.

Kedua website tersebut membantu Anda bertemu dan berpetualang dengan teman-teman baru di seluruh dunia. Caranya hanya dengan bergabung ke website tersebut, membuat profil  dan mencari teman-teman di negara yang ingin Anda kunjungi, mereka dapat membantu Anda untuk berbagi akomodasi mereka. Anda dapat tidur di mereka rumah/apartemen mereka, dll.

Menarik sekali bukan? Anda dapat bertukar budaya langsung melalui melalui rumah atau tempat tinggal mereka lainnya. Jika Anda beruntung mendapatkan orang yang sangat baik, mereka tidak hanya akan berbagi akomodasi tapi mereka dapat memandu Anda ke tujuan wisata di negara mereka, membayarkan segala perjalanannya dan makanan gratis dari mereka.

Biaya lain yang juga mahal adalah makan. Sebenarnya biaya makan tidak begitu mahal, tetapi karena Anda perlu makan setiap hari dan mungkin tiga kali dalam satu hari atau lebih sehingga akan mahal jika Anda tinggal lama di luar negeri. Beruntung jika Anda mendapatkan teman baru di luar negeri dan memberikan makan gratis seperti yang saya tulis pada paragraf sebelumnya. Namun, jika tidak, untuk mengurangi biaya ini, Anda harus membawa makanan dari rumah Anda. Makanan sederhana tapi mudah untuk dimakan dan dapat membuat Anda kenyang seperti roti atau mie instan.

Jadi intinya, tidak mustahil melakukan travelling ke luar negeri dengan biaya minim atau bahkan gratis. Namun, Anda harus memiliki tekad dan kesabaran tingkat tinggi. Happy Travelling!

Kredit foto: Moyan Brenn
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates