Thursday, November 21, 2013

Indonesia Itu Sebelah Mana Bali?

Indonesia Itu Sebelah Mana Bali?

Berdasarkan pengalaman, tidak jarang  orang luar negeri jika ditanya: “apakah Anda tahu Indonesia?”, jawabannya adalah: “Indonesia itu sebelah mananya Bali?”.

Ironis sekali memang, kebanyakan orang luar negeri lebih mengenal Bali dibandingkan dengan nama Indonesia yang nota bene Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia, salah satu pulau dari total 17.508 pulau yang dimiliki Indonesia.

Sebagai orang Indonesia, saya sangat sedih mendengarnya. Tapi saya juga tidak bisa menyalahkan mereka yang tidak tahu bahwa Bali adalah bagian dari Indonesia, karena mungkin pemerintah kita belum mampu untuk mempromosikan pulau lainnya seperti Bali atau Indonesianya sendiri secara keseluruhan.

Padahal Indonesia memiliki hampir segala sesuatu yang ada di dunia ini, saya sangat percaya diri mengatakan bahwa miniatur dunia itu ada di Indonesia. Saya mengatakan ini bukan karena saya orang Indonesia, tapi itu adalah fakta.

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki salju? Anda dapat menemukan salju abadi di Gunung Puncak Carstenz Pyramid di Papua. Gurun yang identik dengan Mesir? Ada di Indonesia yakni Gumug Pasir Parangkusumo, Yogyakarta. Savanna yang identik dengan Afrika? Ada di Indonesia, seperti di Taman Nasional Baluran, Savana Cikasur di Gunung Argopuro dan Savana Oro-Oro Ombo di Gunung Semeru - Jawa Timur. Mencari lokasi diving yang sangat indah di bawah laut? Anda dapat pergi menyelam ke Raja Ampat di Papua, Bunaken di Manado, laut Taman Nasional Komodo di Flores dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin berselancar dengan ombak yang tinggi, Anda dapat mencoba seperti di Pulau Nias - Mentawai, Bali dan masih banyak lagi. Bahkan Indonesia memiliki Sungai Kampar di Riau yakni Sungai yang memiliki ombak tanpa henti – biasa disebut juga Bono wave (ombak Bono).
Pemandangan di Flores
Selain keindahan alam, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hewani dan tumbuhan. Hampir setiap binatang terkenal di dunia ada di Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki Komodo The Dragon dan juga Orang Utan yang hanya terdapat di Indonesia. Saya pikir hewan terkenal yang tidak dimiliki Indonesia hanya Koala (Australia) dan Panda (Cina).

Juga saya yakin Anda tahu dengan buah Durian? Ya buah ini juga berasal dari Indonesia. Ada begitu banyak tempat indah dan hal-hal menarik lainnya di Indonesia. Jadi, saya sarankan sebelum Anda pergi travelling ke luar negeri, tidak ada salahnya Anda berkeliling Indonesia dulu, saya yakin Anda tidak akan menyesal karenanya. Happy travelling in Indonesia.

Foto kredit: Flores Landscape
Share This

2 comments:

  1. Seandainya masih muda,saya akan berkeliling nusantara..,namun sayang sekarang sudah tua Mas,biayanya harus dibagi sama resiko dapur.Hadir dan menyimak Mas Rudi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg muda juga blm tentu bs berkeliling mas, jd beruntunglah org2 yg diberi kelapangan bisa berkeliling nusantara.
      Terima kasih sdh mampir mas, salam :D

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates