Friday, November 8, 2013

Inilah Lagu Yang Tepat Untuk Anda Dengarkan Ketika Melakukan Olahraga

Inilah Lagu Yang Tepat Untuk Anda Dengarkan Ketika Melakukan Olahraga

Olahraga yang paling mudah dan murah adalah lari santai dipagi atau sore hari (jogging). Jogging bisa dilakukan hanya sendirian sambil mendengarkan lagu lewat handphone menggunakan earphone. Jika Anda tipe orang yang suka berolahraga sambil mendengarkan lagu. Lagu olahraga apa yang biasanya Anda dengarkan?

Sebaiknya Anda tidak mendengarkan sembarang lagu untuk menemani Anda berolahraga. Karena ada penelitian yang menyatakan bahwa tak semua lagu cocok untuk mengiringi Anda berolahraga. Jadi lagu olahraga apa yang cocok untuk Anda?

Ternyata menurut penelitian dari Ghent University di Belgia, lagu olahraga baiknya mendengarkan lagu pop dan techno. Performa fisik dapat meningkat hingga 10 persen jika Anda berolahraga sambil mendengarkan musik tersebut, katanya.

Jadi apakah tidak boleh mendengarkan lagu jenis lain selain kedua jenis tersebut jika sedang olahraga? Sebenarnya boleh-boleh saja Anda mendengarkan lagu apapun ketika Anda berolahraga yang penting Anda menyukainya. Namun menurut penelitian tersebut, Anda tidak akan mendapatkan peningkatan performa fisik jika lagu yang didengarkan bukanlah jenis pop atau techno.

Pada paragraf awal saya menyebut biasanya orang mendengarkan lagu sambil berolahraga menggunakan earphone. Memang cara ini lebih sederhana dan tidak repot jika dibanding kita sambil membawa speaker, namun saran dari para peneliti Anda jangan mendengarkan dengan volume maksimal pada earphone karena dapat mengakibatkan tingkat kewaspadaan menurun.

Kemudian jika Anda berolahraga dengan tiga tahapan seperti melakukan pemanasan, latihan inti dan pendinginan. Ada baiknya lagu pop atau technonya diurut juga sesuai hentakan. Untuk pemanasan bisa dengan lagu yang bernada riang, untuk latihan inti bisa dengan lagu yang menghentak dan mendayu-dayu untuk pendinginan. Anda bisa mencoba mendengarkan lagunya Beyonce jika ingin mendapatkan nada yang menghentak seperti yang di favoritkan oleh Michelle Obama dalam olahraganya.

Jika Anda ingin mendengarkan lagu pop atau techno yang cocok untuk berolahraga, mungkin lagu-lagu berikut bisa Anda coba:

Taylor Swift – 22, Emeli Sande – Next to Me, Porter Robinson and Mat Zo – Easy Radio, Maroon 5 – Love Somebody, David Guetta, Ne-Yo & Akon – Play Hard, Carly Rae Jepsen and Nicki Minaj – Tonight I’m Getting Over You, Jennifer Lopez and Pitbull – Live it Up, Jason Derulo – The other Side, atau Robin Thicke, T.I. & Pharrell – Blurred Lines.

Untuk lagu Indonesianya Anda bisa coba dengan lagu-lagu berikut:

Ipang dan Ridho – Jadilah Juara, Dewa 19 – Juara Sejati, The Nunung Cs – S’pak Bola, Netral – Garuda Didadaku, P-Project – Atur/Lagunya Lagu Bola, Padhyangan Project – Kop dan Headen, Sheila On 7 – Pemenang atau The Changcuters dan DJ Sumantri – Ayo Semangat.

Namun, apa pun lagu olahraganya yang paling penting adalah kerutinan Anda dalam berolahraga demi tubuh yang sehat serta jiwa raga terus segar. Disarankan paling minimal Anda berolahraga seminggu sekali. Idealnya jika bisa seminggu 2-3 kali. Selamat berolahraga kawan!!

Dari berbagai sumber

Foto kredit:  Sport Theme
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates