Sunday, November 3, 2013

Pentingnya Olahraga Mata Demi Kesehatan Penglihatan Anda

Pentingnya Olahraga Mata Demi Kesehatan Penglihatan Anda

Di era internet seperti saat ini, kebanyakan orang tidak bisa lepas dari yang namanya komputer. Bagaimana tidak, dengan adanya internet – teknologi yang masih terhitung muda namun memiliki efek yang sangat besar dalam peranan manusia, internet memudahkan segalanya baik itu pekerjaan, mencari teman lama, belanja, hiburan hingga mencari jodoh dan lain sebagainya semua bisa dengan internet.

Hanya saja hal tersebut berdampak negatif terhadap mata. Terlalu banyak memandang komputer atau televisi mengakibatkan mata Anda cepat lelah, sakit kepala, penglihatan kabur dan gejala visual lainnya.

Selain itu, mata kita pada dasarnya akan mengalami pengaburan seiring bertambahnya usia yakni mata plus. Namun, Anda bisa memperlambatnya dengan melakukan olahraga mata.

Mungkin Anda tidak mengira ada yang namanya olahraga mata. Oleh sebab itu, mari kita rawat kesehatan mata kita dengan melakukan berbagai olahraga mata yang dapat kita lakukan seperti berikut:

Olahraga Mata Untuk Meredakan Kelelahan Mata

Kelelahan mata dapat diredakan dengan menggunakan kedua telapak tangan Anda. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan.

Cara pertama: Sekitar 15-20 detik, gosok tangan Anda bersama-sama hingga terasa hangat. Tutup mata kita dan tempatkan telapak tangan kita diatasnya namun tidak sampai ditekan. Waktu yang diperlukan kurang lebih 1-2 menit. Anda dapat melakukan hal ini setidaknya dua kali sehari dan jangan sampai ada cahaya yang masuk ke mata selama melakukan hal tersebut.

Cara kedua: Silangkan jari-jari kedua tangan Anda satu sama lain, lalu tempatkan keduanya pada masing-masing mata dalam keadaan mata tertutup. Setelah itu biarkan mata Anda terbuka namun jangan biarkan ada cahaya yang masuk, jadi kedua telapak tangan Anda harus benar-benar menutup cahaya yang akan masuk ke mata Anda. Waktu yang diperlukan dan banyaknya melakukan hal ini kurang lebih sama dengan cara pertama.  

Olahraga Mata Dengan Pijatan

Jari tengah identik dengan hal buruk jika diacungkan kepada orang lain, namun disini Anda bisa menggunakan jari tengah Anda untuk hal positif yakni dengan menggunakannya untuk memijat daerah bawah kedua mata Anda. Rasakan otot-otot mata Anda yang kaku dengan memberikan penekanan, namun jangan berlebihan jika Anda baru pertama kali mencoba karena bisa-bisa Anda mengalami nyeri kepala.

Setelah itu berikan pijatan beberapa kali ke tulang atas mata. Pijat bagian urat-urat yang kaku dibagian atas mata dekat hidung. Kemudian pindahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Terakhir pindah ke bagian otot-otot di atas alis.

Olahraga Mata Dengan Mata Itu Sendiri

Ketika seseorang terlalu serius menatap komputer atau televisi, biasanya mereka jarang sekali mengedip. Padahal mengedip walaupun sederhana, namun hal ini bisa menjaga mata kita tetap fokus lagi dan tetap segar. Cobalah Anda melakukan kedipan sebanyak mungkin, bisa dengan cara berkedip setiap 3-4 detik.

Putarkan mata Anda ke sisi kanan sambil menghirup napas dan kembali ke tengah sambil membuang napas. Setelah itu lakukan hal yang sama namun sambil putarkan mata Anda ke sisi kiri, ke atas dan ke bawah. Hal tersebut dilakukan sambil duduk bersila di kursi dengan pandangan tengah mengarah ke tembok (lurus ke depan dan bukan ke arah komputer/televisi). Lakukan proses ini 2- 3 kali dan berhentilah jika mata terasa tegang.

Lalu gulirkan mata dalam lingkaran. Tarik napas sambil putarkan tatapan ke kanan dan ke atas, kemudian hembuskan napas sambil putar tatapan ke bawah kiri. Setelah itu lihat lurus ke depan sambil menarik napas dan buka selebar mungkin mata Anda. Lalu kerutkan kelopak mata bersama-sama sambil membuang napas.
Pegang objek semisal pena dan tempatkan lurus jauh dari mata Anda serta berkonsentrasilah pada ujung pena tersebut. Kemudian bawa ke dekat mata secara perlahan hingga menyentuh hidung. Jauhkan kembali dengan tetap berkonsentrasi pada ujungnya. Cobalah dengan tidak berkedip, jika baru pertama mungkin mata Anda akan terasa berair. Jika begitu santai dulu dengan menutup mata Anda untuk beristirahat. Lakukan olahraga mata ini 2-3 kali.

Lihatlah objek seperti lampu, pintu, jam, dll dengan posisi Anda diam di satu sudut ruangan sambil berdiri atau duduk. Lakukan olahraga ini selama 2 menit. Tujuannya untuk menjaga mata kita bergerak bebas.

Imajinasikan Anda melihat sebuah angka 8 raksasa di depan Anda dengan jarak 10 meter. Lalu secara perlahan, lacak angka delapan dengan mata Anda. Lakukan selama beberapa menit dan lakukan lagi dengan cara lain beberapa menit.

Biarkan otot mata berkontraksi dengan cara menutup mata serapat mungkin, tahan selama 3 detik dan lepaskan dengan cepat. Ulangi 7-8 kali agar otot-otot mata Anda mendapatkan relaksasi ketika Anda sudah melakukan peregangan olahraga mata.

Selama beberapa detik, liat fokus sebuah objek pada jarak lebih dari 50 m dan fokuskan mata pada objek yang jaraknya kurang dari 10 m secara perlahan pada arah yang sama. Setelah itu ulangi ke objek yang jauh dan sebaliknya. Lakukan selama 5 kali.

Peroleh Hasil Maksimal Olahraga Mata Anda Dengan Menambahkan Hal-Hal Berikut:

Konsumsilah makanan yang mengandung beta-karoten yang bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A seperti wortel. Karena vitamin A akan membantu penglihatan Anda awet sehat, selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin C, E dan seng yang sudah terbukti mampu menjaga kesehatan penglihatan.

Sinar UV dan bahkan sinar matahari dapat membahayakan mata Anda jika memantul dari permukaan reflektif seperti salju atau pasir. Sinar tersebut dapat meningkatkan resiko pterygium, makula dan katarak. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV tinggi saat berjalan di cuaca terik. Gunakan kacamata yang memiliki kemampuan menghalangi 99%-100% dari UVA dan UVB. Jadi, bukan hanya sekedar untuk bergaya (stylish), kacamata hitam tersebut dapat melindungi mata dari sinar UV juga mengurangi ketegangan mata dari kondisi terang atau memberikan perlindungan dari debu.

Jangan biarkan mata Anda membaca dalam kondisi ruangan yang redup namun juga jangan memakai cahaya berlebih. Berikan pencahayaan yang cukup untuk membuat mata Anda rileks ketika membaca.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda melihat komputer terus, cobalah atur kecerahan monitor Anda. Jangan terlalu redup jika disiang hari dan jangan terlalu terang jika dimalam hari. Namun, sebagian orang malas melakukan ini karena repot jika harus mengatur pencahayaan komputer setiap pagi dan malam. Jika begitu, Anda bisa mendownload software f.lux, yakni software yang bisa membuat layar komputer Anda beradaptasi dengan waktu harian secara otomatis setelah Anda seting.

Lakukan hal-hal di atas secara rutin. Lalu, yang terpenting, jangan menyiksa mata Anda dengan memforsirnya tanpa beristirahat. Jika disekitar Anda masih terdapat tumbuhan hijau, ketika bangun dipagi hari, usahakan Anda melihat dulu tumbuhan hijau tersebut selama beberapa menit.

*Dari berbagai sumber.
Foto kredit: My eye
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates