Wednesday, November 27, 2013

Perlukah Membuat Travel List?

Perlukah Membuat Travel List?

Travel List - seberapa pentingkah dia? Kapan Anda harus membuat travel list dan tipe wisatawan seperti apa yang perlu membuat travel list? Dan apa sih travel list itu sesungguhnya?

Travel list adalah daftar yang harus Anda buat ketika Anda berencana melakukan travelling agar barang-barang dan jadwal perjalanan Anda terorganisir dengan baik. Jadi, seberapa pentingkah hal ini harus dibuat? Sangat penting! Termasuk tipe manapun Anda, apakah seorang wisatawan backpacker atau wisatawan koper (wisatawan luxury/mewah), membuat travel list adalah sesuatu hal yang penting.

Terutama jika Anda seorang pemula yang akan melakukan travelling, Anda harus mencari referensi terkait perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Contoh: Anda tidak bisa membawa perlengkapan yang sama pada setiap destinasi/negara yang Anda kunjungi, karena setiap destinasi/negara memiliki cuaca dan budaya yang berbeda, sehingga Anda harus dapat menyesuaikan perlengkapan Anda pada setiap destinasi tujuan. Referensi akan hal-hal ini dapat anda temukan dari teman atau kerabat Anda yang telah memiliki pengalaman pada destinasi yang akan Anda kunjungi tersebut atau bisa lewat internet – mbah Google biasanya selalu punya jawaban atas pertanyaan tersebut.

Setelah Anda menemukan perlengkapan apa saja yang harus dibawa dalam tujuan travelling Anda,  buatlah daftar tulisan tentang perlengkapan yang harus dibawa tersebut dan bawalah catatan daftar perlengkapan Anda tersebut dalam perjalanan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda agar tidak ada perlengkapan yang ketinggalan ketika Anda melakukan packing. Hal ini akan berguna juga ketika Anda dalam perjalanan, seperti ketika Anda akan meninggalkan hotel atau akomodasi lainnya, Anda tidak akan melupakan semua barang Anda. Jadi, bawalah daftar perlengkapan Anda dalam perjalanan Anda dan simpan baik-baik.

Namun, jangan hanya membuat daftar perlengkapan saja, tapi bawa dan buat juga daftar rencana perjalanan Anda (itinerary). Adalah benar ketika Anda bepergian sebagai seorang backpacker, tidak membuat itinerary pun atau hanya mengikuti kata hati Anda kemana Anda ingin pergi, bisa menciptakan tantangan yang lebih seru. Namun, saya pikir jika Anda membuat itinerary, perjalanan Anda akan lebih teratur sehingga memudahkan perjalanan itu sendiri. Jadi, Anda tahu kemana Anda harus pergi ketika mengunjungi negara A atau B – hal ini penting juga agar Anda dapat menyesuaikan anggaran Anda sesuai dengan rencana, karena Anda bisa mengetahui perkiraan budget untuk makan, transportasi, estimasi biaya sewa akomodasi – sehingga diharapkan perjalanan Anda tersusun dengan baik dan tidak ada suatu hal yang melenceng yang dapat mengakibatkan kesusahan bagi diri Anda sendiri.

Kembali ke pertanyaan saya di paragraf pertama. Seberapa penting daftar perjalanan (perlengkapan barang dan itinerary)? Jawabnya sangat penting, lalu kapan Anda harus membuat daftar perjalanan ini? Anda perlu membuat daftar-daftar ini apabila Anda akan melakukan travelling panjang dan bukan hanya beberapa hari tapi berminggu-minggu/berbulan-bulan. Backpacker atau wisatawan koper-kah yang perlu membuat daftar-daftar ini? Dua-duanya perlu apabila akan melakukan perjalanan panjang dan lama. Terakhir, apa sih arti dari travel list yang sesungguhnya? Adalah daftar yang harus Anda buat dan lakukan untuk mengatur setiap perjalanan Anda agar tercipta perjalanan yang menyenangkan dan tidak menyulitkan Anda.

Akhir kata, sering-seringlah melakukan travelling jika Anda memiliki kesempatan, karena hidup itu hanya sekali dan jangan lupa ceritakan kepada dunia pengalaman travelling Anda melalui blog pribadi Anda. Happy Travelling!!

Kredit foto: Moyan Brenn
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates