Friday, November 29, 2013

Responsible Travel, Kenali Lebih Dekat

Responsible Travel, Kenali Lebih Dekat

Saya menjamin banyak orang yang suka melakukan travelling sebagai aktivitas liburannya. Namun, berapa banyak orang yang mengetahui tentang responsible travel? Saya kira tidak banyak, jadi pada postingan ini saya ingin berbagi dengan Anda (yang belum tahu apa itu responsible travel) untuk mengenal apa itu responsible travel dan sedikit tips bagaimana cara mempraktekkan responsible travel.

Secara harfiah, pengertian langsung responsible travel dari bahasa Inggris ke dalam bahasa kita adalah perjalanan yang bertanggung jawab. Namun, apa makna dari responsible travel ini? Silahkan terus dibaca ke bawah.

Isu terkait responsible travel akhir-akhir ini naik ke permukaan seiring dengan mencuatnya isu global warming (pemanasan global).

Secara garis besar, responsible travel itu adalah bagaimana seorang traveller dapat menggunakan konsep hijau (green concept) pada segala aktivitas travellingnya.

Para aktivis peduli bumi, berusaha untuk membuat bumi kita agar terus sehat sehingga dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang, karena kita hidup di bumi ini saling berbagi dengan orang lain, manusia adalah makhluk sosial. Kita perlu kerjasama (semua orang) membutuhkan kerjasama untuk melakukan sesuatu hal yang baik untuk bumi kita karena dampak pemanasan global ini bisa menjadi bencana besar bagi kehidupan manusia dimasa mendatang.

Tapi saya sadar, semua orang tidak bisa langsung membantu para aktivis pencinta lingkungan karena setiap individu memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Namun kita seharusnya bisa melakukan bantuan meskipun sangat kecil. Ya, kita harus bisa berpikir secara global dan bertindak secara lokal (think globally and act locally). Maksud saya, kita perlu tahu tentang isu-isu global seperti pemanasan global, tapi kita tidak perlu bertindak secara global juga jika belum mampu, namun diharapkan bisa bertindak secara lokal.

Dengan kata lain, isu-isu global tentang masalah yang dimiliki bumi harus kita ketahui. Kemudian kita harus memberikan kontribusi sekecil mungkin karena bisa sangat berguna daripada tidak membantu sama sekali. Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Bertindak secara lokal (act locally) dapat dilakukan untuk kegiatan apapun termasuk salah satunya dalam melakukan travelling yang juga dikenal sebagai responsible travel. Sebenarnya mempraktekkan responsible travel dalam pandangan act locally bisa dibilang mudah, ini tentang rasa hormat - menghormati lingkungan dan budaya. Lingkungan termasuk didalamnya adalah kebersihan tempat destinasi dan budaya yakni menghormati kebudayaan orang-orang yang kita kunjungi tempatnya.

Lingkungan:

Yang paling mudah dilakukan tetapi masih banyak orang yang tidak melakukan hal ini terutama di negara-negara dunia ketiga adalah membuang sampah pada tempatnya. Ketika Anda sedang melakukan travelling dan tidak menemukan tempat sampah untuk membuang sampah Anda, simpanlah sampah Anda pada ransel Anda misalnya sampai Anda menemukan tempat sampah.

Dengan begitu, Anda bisa menginspirasi orang-orang lokal yang Anda kunjungi tempatnya yang masih suka membuang sampah di mana saja untuk melakukan hal yang sama dengan Anda.

Budaya:

Ketika Anda pergi melakukan travelling ke negara-negara lain, jangan harap Anda bisa mendapatkan semuanya seperti di rumah Anda. Jika Anda ingin semua tempat menjadi seperti rumah Anda, maka Anda jangan melakukan travelling ke negara-negara lain – diam saja di rumah. Karena setiap negara, setiap tempat yang berbeda memiliki budaya yang berbeda. Jadi Anda harus selalu menghormati budaya setempat.

Jangan membawa narkoba! Jika Anda membawa narkoba dan berbagi dengan orang-orang lokal, siap-siaplah menunggu boomerang Anda (karma). Cara berpakaian juga penting, Anda tidak bisa memakai apapun yang Anda suka selayaknya Anda bebas memakai pakaian apa saja seperti di rumah sendiri. Contohnya terdapat negara-negara yang ketat terkait pakaian - beberapa negara tidak membolehkan wanita untuk mengenakan pakaian seksi.

Jadi secara kesimpulan, ketika Anda punya rencana untuk melakukan travelling ke tempat dimana memiliki perbedaan budaya. Sedikitnya Anda perlu tahu tentang budaya orang-orang setempat tersebut, sehingga Anda tahu harus bagaimana bersikap agar tidak menyakiti budaya lokal. Karena bisa-bisa Anda diusir dari tempat mereka bila tidak bisa menghormati mereka. Happy Travelling!!

Kredit foto: Moyan Brenn
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates