Tuesday, November 12, 2013

Sejarah Olahraga Modern Di Indonesia

Sejarah Olahraga Modern Di Indonesia

Bagaimana sejarah olahraga modern bisa sampai di Indonesia?

Ternyata latihan fisik seperti olahraga modern tidak dikenal budaya Indonesia sebelum datangnya era kolonial Hindia Belanda. Walaupun Belanda menjajah Indonesia, namun berkat Belanda, Indonesia mengenal olahraga modern yang menganut sistem olahraga Jerman, Swedia Austria dan Jepang.

Pada waktu itu, oahraga modern mulai terlihat eksistensinya di lingkungan kemiliteran. Walapun sejak jaman Mesir Kuno dan Yunani Kuno olahraga sudah menonjol, namun baru tampak sekitar abad pertengahan berkembang di Eropa yang kemudian menyebar ke Belanda dan masuk ke Indonesia dibawa Belanda.

Pada waktu itu, Belanda memberikan tekanan dan paksaan agar orang-orang di Indonesia menganut sistem keolahragaan yang sudah sesuai dengan keadaan di Belanda agar melupakan kebudayaan asli Indonesia. Namun, kebudayaan asli Indonesia dapat tetap dipertahankan berkat kesadaran bangsa Indonesia akan kebudayaannya.

Perkembangan Olahraga di Indonesia

Olahraga asli Indonesia yang berkaitan dengan aktivitas fisik umumnya menggunakan praktik kesukuan seperti bela diri dan kebugaran fisik, seni serta ritual. Pada umumnya ritual yang berhubungan dengan fisik adalah tarian perang. Ada juga yang mirip olahraga atletik seperti lompat gawang dan lompat jauh yakni tradisi “fahombo” (lompat batu) Nias, dimana tujuan dari ritual ini adalah untuk pendewasaan. Contoh lainnya yang mirip dengan olahraga modern adalah karapan sapi dari madura yang mirip dengan balap kereta perang dan balap perahu naga, kayak dan kano adalah kegiatan fisik sehari-hari bagi yang hidup dekat sungai besar di Indonesia pada waktu itu.

Sedangkan yang benar-benar olahraga modern dan populer serta mulai berkembang adalah bulu tangkis dan sepakbola yang dikenalkan oleh kolonial Hindia Belanda. Pada tahun 1946 (setelah kemerdekaan), olahraga modern semakin berkembang seiring didirikannya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Mempersatukan olahraga di daerah-daerah adalah tujuan dibentuknya KONI waktu itu.

Pada masa kepemimpinan Soekarno, olahraga diharapkan bisa menjadi salah satu alat pemersatu bangsa serta sebagai kebanggaan dalam mempromosikan olahraga di Indonesia. Oleh sebab itu, dibangunlah berbagai gelanggang olahraga di seluruh Indonesia. Lapangan Ikada (1951-1962) serta Stadion Gelora Bung Karno dan kompleks olahraga disekitarnya (1962), yang juga sekaligus untuk mempersiapkan Asian Games keempat.

Namun dalam perkembangannya sampai saat ini, cabang olahraga modern yang paling sukses di Indonesia adalah bulu tangkis.

Menilisik Jauh Ke Belakang

Walaupun cabang olahraga modern yang paling sukses di Indonesia baru bulu tangkis, namun kita patut berbangga dengan nenek moyang kita. Karena zaman dulu sebenarnya Indonesia sudah memiliki aneka macam kegiatan fisik yang bersifat olahraga, seperti yang dicontohkan pada paragraf-paragraf awal di sub judul “Perkembangan Olahraga di Indonesia.”

Selain itu Indonesia juga memiliki budaya gambar panahan dari abad ke-9, yakni kegiatan pangeran kaum bangsawan pada budaya Jawa. Kegiatan ini dianggap salah satu olahraga klasik Indonesia. Bukti ini dapat kita lihat dan temukan dalam bentuk ukiran timbul pada candi-candi di Jawa. Saat ini gambaran panahan dijadikan sebagai lambang dari Stadion Gelora Bung Karno, pernah juga dijadikan ikon dari Asian Games 1962 di Jakarta.

Kemudian, yang patut kita banggai juga adalah pencak silat, yakni salah satu seni bela diri asli Indonesia asal tanah pasundan. Berbeda dengan gambaran panahan, pencak silat masih bertahan hingga kini dan menjadi olahraga bertarung kompetitif yang mendunia.
Latihan Pencak Silat
Olahraga asli Indonesia lainnya yang patut kita banggakan adalah tarian poco-poco dari Sulawesi Utara dan Sajojo dari Papua yang dijadikan tema senam kesegaran jasmani yang populer di Indonesia. Tarian-tarian tersebut termasuk kedalam tarian sosial tradisional.

Dari berbagai sumber

Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates