Tuesday, December 3, 2013

Agen Perjalanan Bisa Tergusur Oleh Google Dan Facebook

Agen Perjalanan Bisa Tergusur Oleh Google Dan Facebook

Terdapat banyak agen-agen perjalanan di sekitar kita, apakah itu offline (kantor fisik) maupun online (internet), kadang-kadang saking banyaknya pilihan menggunakan media perjalanan, membuat kita bingung untuk memilih media perjalanan apa dan seperti apa yang harus dipilih. Namun saat ini terdapat media perjalanan baru dan sekarang atau untuk masa depan mereka bisa menjadi pesaing terberat daripada agen-agen perjalanan yang ada saat ini, karena banyak orang menyukainya. Siapakah mereka? Mereka adalah Google dan Facebook.

Mengapa Google dan Facebook? Karena sekarang orang dapat dengan mudah mencari/mendapatkan tiket pesawat, melakukan booking hotel, mencari tujuan wisata bahkan akomodasi gratis dengan menggunakan Google atau mendapatkan rekomendasi dari jaringan pertemanan melalui media sosial seperti Facebook yang cakupannya seluruh dunia.

Jadi seseorang dapat mengurangi biaya perjalanan dengan mengatur sendiri perjalanan mereka melalui langkah sederhana dengan mencari hal-hal yang dibutuhkan terkait perjalanannya melalui Google atau mendapatkan rekomendasi dari jaringan pertemanan di Facebook. Jika beruntung, seseorang bahkan bisa mendapatkan akomodasi gratis, tiket pesawat gratis atau biaya tiket pesawat yang sangat rendah melalui pencarian di Google. Karena kapasitas pencarian dari Google itu meningkat dari waktu ke waktu dan hasilnya semakin efektif.

Orang-orang sekarang lebih kreatif, cerdas dan lebih peduli tentang biaya. Mengapa memilih biaya mahal jika mereka bisa mendapatkan biaya yang lebih murah untuk melakukan perjalanannya? Jika banyak agen-agen perjalanan yang tidak bisa membuat inovasi, mereka akan kalah oleh Google dan Facebook, walaupun Google dan Facebook bukanlah agen perjalanan murni. Tapi, dengan sendirinya mereka dapat menciptakan agen-agen perjalanan yang unik.

Lalu, akankah Google dan Facebook mendominasi bisnis perjalanan? Saya kira hal itu bisa saja! Sebagai contoh, Google dapat mendominasi pasar ponsel dengan sistem operasi yang mereka ciptakan yakni Android - meskipun Google tidak membuat ponselnya. Jadi hati-hatilah wahai para agen perjalanan, jika Anda tidak dapat menciptakan inovasi, bisnis perjalanan Anda akan kalah oleh mesin pencari dan sosial media. Happy Travelling!!

Kredit foto: Moyan Brenn
Share This

1 comment:

  1. Artikel-artikel tentang perjalanannya senantiasa saya nanti Bro Rudi...

    Ditunggu kisah perjalanannya..! Salaman blogger

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates