Monday, December 9, 2013

Cara Membuat Kripik Jamur Tiram

Cara Membuat Kripik Jamur Tiram

Ajaib, itulah kesimpulan dari penggambaran mengenai bahan olahan makanan ini, yakni jamur tiram. Mengapa jamur tiram saya katakan ajaib? Tidak lain karena berbagai macam olahan makanan bisa dibuat darinya seperti kripik jamur tiram, bakso jamur tiram, sup jamur tiram, sate jamur tiram,  nugget jamur tiram, botok jamur tiram, rendang jamur tiram, steak jamur tiram dan aneka olahan lainnya.

Selain itu, manfaat jamur tiram demi kesehatan manusia pun sangat banyak. Coba baca saja manfaat yang dapat diperoleh dari tumbuhan ini pada postingan saya sebelumnya disini.

Kripik jamur tiram merupakan salah satu olahan primadona yang dapat dibuat dari tumbuhan ini. Hal ini disebabkan kripik jamur tiram memiliki rasa yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Nah, bagi Anda yang menyukai kripik jamur tiram, pada postingan kali ini, saya akan memberikan cara bagaimana membuat kripik jamur tiram.

Namun, untuk jadi catatan, resep cara membuat kripik jamur tiram berikut merupakan resep standar. Jadi diharapkan Anda bisa mengkreasikan rasa yang ingin didapat nantinya, dan bukan tidak mungkin Anda bisa menjualnya atau menjadi bisnis Anda. Baiklah, baca tahapan-tahapannya berikut:
  • Ambil jamur tiram segar sebanyak yang Anda suka, lalu suir-suir dengan tangan Anda menjadi irisan-irisan kecil yang memanjang.
  • Masukkan kedalam wadah atau baskom sambil dicuci, lalu seduh dengan air panas (rendam) dan diamkan sekitar 5-10 menit.
  • Kocek suiran jamur tiram pada air rendaman tersebut secukupnya, lalu buang air rendamannya sampai habis.
  • Setelah air rendamannya dibuang, lalu tiriskan dan peras suiran-suiran jamur tiram tersebut hingga airnya habis.
  • Siapkan mangkuk dan kocok telur ayam (banyaknya telur disesuaikan dengan banyaknya Anda akan membuat kripik jamur tiram).
  • Siapkan garam dan penyedap rasa dan masukkan kedalam kocokan telur tadi. Tambahkan juga bumbu rempah-rempah seperti ulekan bawang merah dan bawang putih kedalam telur tersebut. Kocok hingga semua bumbu menyatu didalam telur tadi. Bumbu rempah-rempah bisa Anda kreasikan sendiri sesuai selera, sehingga Anda bisa menciptakan kripik jamur tiram dengan cita rasa khas Anda.
  • Masukkan suiran jamur tiram yang sudah ditiriskan tadi kedalam kocokan telur tersebut, lalu kocok lagi hingga semua bagian daripada jamur tiramnya terlumuri oleh telur dengan rata.
  • Siapkan piring atau mangkuk lagi dan masukkan tepung terigu atau tepung beras (direkomendasikan: tepung beras). Lalu, suiran jamur tiram yang telah terlumuri dengan telur tadi Anda ambil dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisikan tepung beras tersebut hingga merata.
  • Panaskan minyak goreng dan kecilkan apinya setelah panas. Hal ini bertujuan agar jamur tiram tidak matang hanya pada bagian tepungnya saja, tapi meresap kedalam dan agar hasilnya renyah.
  • Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, lalu tiriskan dan kripik jamur tiram pun sudah dapat Anda konsumsi.
Kripik Jamur Tiram
Begitulah cara membuat kripik jamur tiram, tidak sulit bukan? Namun, jika Anda tidak ingin membuatnya sendiri namun menyukai makanan ini. Anda bisa membelinya agar praktis. Klik link Katalog Jamur Tiram ini untuk mendapatkannya.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates